PENGARUH IMPLEMENTASI KODE ETIK PUSTAKAWAN TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET ( UNS ) SURAKARTA

Tri Undari, Asri (2013) PENGARUH IMPLEMENTASI KODE ETIK PUSTAKAWAN TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET ( UNS ) SURAKARTA. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

638Kb

Abstract

Pustakawan merupakan suatu profesi, maka untuk menjadi pustakawan seseorang memiliki kriteria sesuai ciri-ciri profesi tersebut. Setiap profesi memiliki Kode Etik yang harus dipatuhi, seperti juga dengan profesi pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta . Implementasi Kode Etik Pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta memberikan pengaruh untuk meningkatkan profesionalisme dalam arti, apabila kode etik tersebut dipatuhi, berarti hal tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban terhadap profesi pustakawan. Seperti pada skripsi ini, yang berjudul “ Pengaruh Implementasi Kode Etik Pustakawan Terhadap Peningkatan Profesionalisme Pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta” yang bertujuan memberikan gambaran sejauh mana pustakawan mengetahui tentang kode etik pustakawan, korelasi dari penerapan kode etik pustakawan dengan tingkat profesionalisme setelah pustakawan menerapkan kode etik tersebut. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode analisa korelatif dan sistem penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta . Sampel penelitian berjumlah 30 responden yang ke semuanya berprofesi sebagai pustakawan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling (sampel acak sederhana). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner tertutup, wawancara dan observasi serta studi pustaka. Teknik pengolahan data dengan cara editing, koding dan tabulasi dan sistrem korelatif untuk mengetahui tingkat hubungan antar variabel. Adapun teknik analisis data menggunakan metode analisis korelatif dan deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah implementasi kode etik pustakawan terhadap tingkat profesionalisme pustakawan UPT Perpustakaan UNS termasuk sudah bisa diterapkan dengan persentase baik yakni sebesar 56,3 % .

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40793
Deposited By:Mr/Ms Ilmu Perpustakaan
Deposited On:27 Nov 2013 11:11
Last Modified:27 Nov 2013 11:11

Repository Staff Only: item control page