PENGARUH DESAIN INTERIOR TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PEMUSTAKA DI LAYANAN REMAJA DAN ANAK-ANAK PERPUSTAKAAN DAERAH PROPINSI JAWA TENGAH SEMARANG

Andriyanto, Dwi (2013) PENGARUH DESAIN INTERIOR TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PEMUSTAKA DI LAYANAN REMAJA DAN ANAK-ANAK PERPUSTAKAAN DAERAH PROPINSI JAWA TENGAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

4073Kb

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Desain Interior terhadap Minat Berkunjung Pemustaka di Layanan Remaja dan Anak-anak Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah Semarang.” Adapun tujuan yang ingin peneliti capai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh desain interior terhadap minat berkunjung pemustaka di bagian layanan remaja dan anak-anak Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah Semarang.. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah desain interior dengan indikator penataan ruang, penerapan warna, penerapan tata cahaya dan sirkulasi udara. Adapun variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah minat berkunjung pemustaka dengan indikator intensitas kunjungan pemustaka dan kenyamanan ruangan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka yang berkunjung di layanan remaja dan anak-anak Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah Semarang Tahun 2010. Sedangkan sampel yang diambil sejumlah 100 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel incidental sampling. Sementara itu, teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah 44 responden atau 44,0% menyatakan bahwa desain interior di layanan remaja dan anak-anak Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah Semarang kurang baik. Sedangkan sejumlah 37 responden atau 37,0% menyatakan bahwa minat berkunjung pemustaka di layanan remaja dan anak-anak Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah Semarang sangat tinggi. Dari hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa t hitung (7,506) > t tabel (1,661), sedangkan sig. (0,000) < taraf kesalahan (0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Hal itu berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel desain interior dan minat berkunjung pemustaka di layanan remaja dan anak-anak Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah Semarang. Kemudian berdasarkan perhitungan pada koefisien determinasi menunjukan bahwa pengaruh desain interior terhadap minat berkunjung pemustaka di layanan remaja dan anak-anak Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah Semarang adalah sebesar 35,9% adapun sisanya 64,1% (100% - 35,9%) dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel desain interior yang berada di layanan remaja dan anak-anak Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Tengah Semarang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40792
Deposited By:Mr/Ms Ilmu Perpustakaan
Deposited On:27 Nov 2013 11:08
Last Modified:27 Nov 2013 11:08

Repository Staff Only: item control page