ANALISIS PENAMBAHAN JAM LAYANAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN PEMUSTAKA PADA LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN PEMALANG

Usnul Sarifah, Dwi (2013) ANALISIS PENAMBAHAN JAM LAYANAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN PEMUSTAKA PADA LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

9Mb

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Penambahan Jam Layanan Terhadap Tingkat Kunjungan Pemustaka pada Layanan Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar manfaat penambahan jam layanan bagi pemustaka dan untuk mengetahui faktor – faktor apa sajakah yang mempengaruhi penurunan tingkat kunjungan pemustaka yang terjadi pada tahun 2011 di Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan deskriptif kualitatif. Dalam menentukan sampel menggunakan purposive sampling dan snow ball sampling. Jumlah sampel sebanyak 12 informan, yang terdiri dari: 4 (empat) orang pustakawan dan 8 orang pemustaka yang sering berkunjung ke Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi, wawancara terstruktur, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan reduksi wawancara dengan para informan dapat disimpulkan bahwa penambahan jam layanan di Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang memberikan manfaat bagi pemustaka untuk menambah wawasan dan pengetahuan, selain itu pemustaka dapat dengan leluasa melakukan pencarian informasi. Sedangkan dari segi layanan perpustakaan, fasilitas, koleksi dan sumber daya manusia belum sepenuhnya terpenuhi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40770
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Nov 2013 08:47
Last Modified:27 Nov 2013 08:47

Repository Staff Only: item control page