Kebutuhan danPerilaku Pencarian Informasi Pemakai Tunanetra dalam Mengakses Informasi di Perpustakaan Balai Rehabilitasi Sosial Penganthi Temanggung

Musa'adah, Abkarina (2013) Kebutuhan danPerilaku Pencarian Informasi Pemakai Tunanetra dalam Mengakses Informasi di Perpustakaan Balai Rehabilitasi Sosial Penganthi Temanggung. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1515Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan dan perilaku pencarian informasi pemakai tunanetra dalam mengakses informasi di perpustakaan Balai Rehabilitasi Sosial Penganthi Temanggung. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan metode purposive sampling yaitu karena hanya mengambil informan yang memenuhi kriteria yang digunakan penulis untuk penelitian. Informan yang penulis pilih dengan kriteria sering datang ke perpustakaan, terdiri dari 6 tunanetra Balai Rehabilitasi Sosial yang dipilih dari 1 tunanetra dari pengurus Balai dan 5 tunanetra yang tinggal di asrama panti Balai Rehabilitasi Sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua tunanetra membutuhkan informasi yang dilatarbelakangi dan tuntutan pekerjaan dan rasa ingin tahu. Di samping itu, Mereka membutuhkan informasi untuk menambah wawasan. Sebagian tunanetra membutuhkan informasi karena tidak mau tertinggal dengan orang normal. Dalam melakukan pencarian informasi tunanetra lebih memilih menggunakan komputer bicara atau “software JAWS” dengan akses internet. Selain itu, juga menggunakan media lain dalam pencarian informasi yaitu membaca buku-buku braille di perpustakaan, meminjam buku digital, mendengarkan berita di radio, mendengarkan siaran televisi, mengunjungi perpustakaan yang lebih lengkap dan bertanya kepada teman yang lebih tahu. Sebagian tunanetra merasa ada kendala terhadap informasi yang mereka cari karena masih banyaknya hambatan serta keinginan untuk mendapatkan informasi tersebut. Namun, ada juga yang sudah merasa cukup dengan media yang dapat mereka gunakan untuk mencari informasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40769
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Nov 2013 08:44
Last Modified:27 Nov 2013 08:44

Repository Staff Only: item control page