PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KEBERADAAN KOLAM HIAS DI DALAM GEDUNG KANTOR PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI KABUPATEN SUKOHARJO

Agus Nugroho, Dicki (2013) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KEBERADAAN KOLAM HIAS DI DALAM GEDUNG KANTOR PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI KABUPATEN SUKOHARJO. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

567Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kolam hias tersebut ditinjau dari estetika kenyamanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun subjek penelitian adalah 12 pemustaka sebagai informan yang telah memenuhi kriteria. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Persepsi informan terhadap pencahayaan adalah baik karena matahari yang berasal dari ventilasi udara diatas kolam hias ini memberikan efek cukup nyaman sesuai dengan kebutuhan cahaya untuk membaca yang terang namun tidak membuat silau. (2) Persepsi informan terhadap sirkulasi udara adalah baik karena sirkulasi udara di sekitar kolam hias yang berasal dari ventilasi udara menjadikan suhu udara yang sejuk dan segar disekitar kolam sehingga digunakan sebagai tempat beraktivitas. (3) Persepsi informan terhadap suara air adalah tidak baik karena ketika penulis melakukan observasi, penulis menemukan alat pemutar air yang menciptakan suara seolah-olah berada di alam terbuka dan menimbulkan kesan alami air mancur. (4) Persepsi informan terhadap warna adalah baik karena warna hijau daun membuat mata tidak mudah lelah. (5) Persepsi informan terhadap tanaman adalah kurang baik karena tanaman yang dihadirkan belum mampu memberikan perpsepsi baik bagi informan. Itu terbukti dengan mayoritas informan yang bersikap tidak peduli terhadap tanaman. Adapun minoritas informan yang merasakan kesejukan mata setelah melihat warna hijau pada daun tanaman. (6) Informan merasakan perasaan rileks saat berinteraksi dengan ikan yang dilakukan saat pemustaka memberi makan ikan. Namun kehadiran ikan secara keseluruhan yang tidak menarik membuat persepsi kurang baik terhadap ikan hias.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40767
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Nov 2013 08:37
Last Modified:27 Nov 2013 08:37

Repository Staff Only: item control page