Wibisono, Yudin (2013) KINERJA PUSTAKAWAN SMA NEGERI 1 SLAWI BERDASARKAN PERSEPSI PEMUSTAKA. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.
| PDF (BAB I-IV) 523Kb | |
PDF (BAB V-VI) Restricted to Repository staff only 1673Kb |
Abstract
Judul dari skripsi ini adalah “Kinerja Pustakawan SMA Negeri 1 Slawi Berdasarkan Persepsi Pemakai”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kinerja pustakawan di Perpustakaan SMA Negeri 1 Slawi dengan menggambarkan persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia, produktifitas kerja pustakawan, disiplin/ manajemen waktu pustakawan, serta efektifitas kerja pustakawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, dan masih termasuk dalam jenis penelitian studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII angkatan 2012/2013 yang menggunakan Perpustakaan SMA Negeri 1 Slawi sebanyak 635 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 20% dari populasi yaitu sebanyak 127 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel acak (Random sampling). Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat bantu pengolahan program SPSS versi 16.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sejumlah 80,3% (102 responden) memberikan persepsi baik terhadap kinerja pustakawan, dan sejumlah 17,3% (22 responden) memberikan persepsi sangat baik terhadap kinerja pustakawan. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah sebesar 80,3% atau 102 responden memberikan persepsi yang baik, dan 22 responden atau 17,3% memberikan persepsi sangat baik terhadap kinerja pustakawan di Perpustakaan SMA Negeri 1 Slawi. Jadi dapat disimpulkan sebesar 97,6% dari seluruh jumlah responden memberi persepsi terhadap kinerja pustakawan sudah baik, yaitu dalam hal membantu menemukan informasi/ koleksi yang dibutuhkan pemustaka, sikap dan penampilan pustakawan, penataan ruang dan koleksi, kedisiplinan pustakawan, dan efektifitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Library Science |
ID Code: | 40763 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 27 Nov 2013 08:19 |
Last Modified: | 27 Nov 2013 08:19 |
Repository Staff Only: item control page