ANALISIS PERILAKU PLAGIARISME PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN TUGAS AKHIR/ SKRIPSI DI FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Uluum Id, Anshor (2013) ANALISIS PERILAKU PLAGIARISME PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN TUGAS AKHIR/ SKRIPSI DI FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1699Kb

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Analisis Perilaku Plagiarisme pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Tugas Akhir/ Skripsi di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perilaku plagiarisme di kalangan mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir/ skripsi di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Informan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) dengan pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Informan yang meliputi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro tingkat akhir, yang sedang menyusun tugas akhir atau skripsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi literatur. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan transkrip hasil wawancara, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari hasil penelitian tingkat perilaku plagiarisme di kalangan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro masih sering melakukan tindakan plagiarisme. Tipe plagiarisme atas sumber yang sering dilakukan para mahasiswa pada penyelesaian tugas dalam bidang akademik. Maksudnya, perilaku plagiarisme di kalangan akademik masih dianggapnya hal yang biasa atau lumrah terjadi bagi mahasiswa tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40751
Deposited By:Mr/Ms Ilmu Perpustakaan
Deposited On:14 Mar 2016 21:33
Last Modified:14 Mar 2016 21:33

Repository Staff Only: item control page