PENGARUH PENGGUNAAN LAYANAN INTERNET TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI PEMAKAI DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN JEPARA

Rahmat Kurniawan, Farid (2013) PENGARUH PENGGUNAAN LAYANAN INTERNET TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI PEMAKAI DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2172Kb

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Layanan Internet Terhadap Kebutuhan Informasi Pemakai di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara. Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara yang menjadi objek penelitian ini. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : “Seberapa besar pengaruh penggunaan layanan internet terhadap kebutuhan informasi di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan layanan internet terhadap kebutuhan pemakai di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk studi kasus. Jumlah populasi ada 208 orang, dan sampel berjumlah 68 responden, ditentukan secara acak. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis statistik dengan regresi linear sederhana, dan analisis koefisiensi determinasi. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa layanaan internet mempengaruhi kebutuhan informasi pemakai. Hal ini terbukti dari tanggapan responden sebanyak 61,8% yang menyatakan kebutuhan informasi meraka dapat terpenuhi. Dari analis statistik, menunjukkan bahwa hasil perhitungan dengan uji t di dapatkan hasil nilai t hitung (3,682) > t tabel (2,384) yang artinya ada pengaruh positif antara layanan internet dengan pemenuhan kebutuhan informasi pemakai. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisiensi determinasi yang menunjukkan 0,170 artinya nilai kebutuhan informasi di pengaruhi oleh nilai dari layanan internet sebesar 17,0% artinyavariabel layanan mempengaruhi kebutuhan informasi pemakai.Pengaruh tersebut ialah kemudahan akses internet memudahkan pemakai dalam menggunakannya, kecepatan aksesnya kurang cepat dikarenakan bandwitdwitdhyang ada tidak sebanding dengan jumlah komputer yang ada, perangkat penunjangnya sudahbaik, kenyamanan ruangannya sudah nyaman, alokasi waktu yang disediakansudah cukup lama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang positif antara penggunaan layanan internet terhadap kebutuhan informasi pemaki sebesar 17,0%, kebutuhan informasi pemakai akan tercapai jika peningkatan terhadap layanan internet.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40749
Deposited By:Mr/Ms Ilmu Perpustakaan
Deposited On:26 Nov 2013 14:32
Last Modified:26 Nov 2013 14:32

Repository Staff Only: item control page