Pelaksanaan Fungsi Rekreatif pada Layanan RBM (Ruang Belajar Modern) dalam Meningkatkan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah

Sari, Nurkumala (2013) Pelaksanaan Fungsi Rekreatif pada Layanan RBM (Ruang Belajar Modern) dalam Meningkatkan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Ilmu Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF (BAB I)
40Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II)
59Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III)
33Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV)
47Kb
[img]PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

125Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VI)
18Kb

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Fungsi Rekreatif pada layanan RBM (Ruang Belajar Modern) dalam meningkatkan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan pemanfaatan layanan RBM di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Subyek penelitian adalah informan yang memberikan data penelitian melalui wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah pemustaka layanan RBM yang terdiri dari anak-anak dengan jenjang pendidikan TK dan SD dan orang tua serta pustakawan koordinator layanan RBM dan Kepala UPT Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Analisi data yang digunakan adalah analisis Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pelaksanaan fungsi rekreatif dilakukan oleh pemustaka atas permintaan dari pihak sekolah serta terbuka setiap hari untuk pemustaka. Pemanfaatan layanan RBM oleh para informan adalah dengan mengikuti kegiatan yang ada serta fasilitas pada layanan RBM. Tujuan informan melakukan kegiatan di layanan RBM adalah untuk bersosialisasi, mendapatkan hiburan serta memberikan pendidikan dan pengetahuan bagi anak selain itu untuk menumbuhkan minat baca anak terhadap buku. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan fungsi rekreatif pada layanan RBM dilakukan dengan dua cara yaitu permintaan dan permanfaatan secara langsung oleh pemustaka untuk berekreasi dan memberi pengetahuan bagi pemustaka yang berkunjung di layanan RBM.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:40737
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Nov 2013 13:58
Last Modified:26 Nov 2013 13:58

Repository Staff Only: item control page