Analisis Terhadap Kendala Utama Serta Perubahan yang Dimungkinkan dari Pengelolaan Lingkungan di Kawasan Ziarah Umat Katholik Gua Maria Kerep Ambarawa

Ari Wibowo , - (2013) Analisis Terhadap Kendala Utama Serta Perubahan yang Dimungkinkan dari Pengelolaan Lingkungan di Kawasan Ziarah Umat Katholik Gua Maria Kerep Ambarawa. In: Seminar nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan "Optimasi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan", 27 Agustus 2013, Ruang Seminar Prof.Ir. Soemarman Lt.6 Gedung A Pascasarjana Undip.

[img]
Preview
PDF
149Kb

Official URL: http://www.psil.undip.ac.id

Abstract

ABSTRAK Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA) yang berlokasi di Dusun Kerep, Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, merupakan lokasi ziarah bagi umat Katolik yang berdiri sejak tahun 1954. Mengingat dampak penting yang diduga terjadi di kawasan ini karena kunjungan ribuan peziarah, usaha ekonomi masyarakat sekitar, maupun pembangunan berbagai fasilitas penunjang, maka diperlukan pengelolaan lingkungan yang terencana dan terintegrasi, termasuk memahami elemen-elemen pengelolaannya. Elemen pengelolaan dalam hal ini termasuk kendala utama serta perubahan yang dimungkinkan dari pengelolaan lingkungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan terkait fungsi daya penggerak (driver power) dan tingkat ketergantungan (dependence) peubah - peubah, pada kendala utama dan perubahan yang dimungkinkan dari pengelolaan lingkungan di kawasan ziarah umat Katholik GMKA. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik Interpretive Strucutural Modelling.Dari 15 peubah yang teridentifikasi, 8 peubah harus di kaji secara hati – hati karena masing – masing peubah membentuk hubungan yang tidak stabil dengan peubah lain dan umpan balik pengaruhnya dapat memperbesar dampak (strong driver – strongly dependent). Sedangkan dalam hubungan struktural, hubungan masing – masing peubah lebih banyak merupakan hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan bukan sekedar hubungan atas dasar posisi levelnya. Kata kunci : GMKA, Interpretive Structural Modelling (ISM).

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Environmental Science
ID Code:40695
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:26 Nov 2013 10:16
Last Modified:26 Nov 2013 10:16

Repository Staff Only: item control page