Pemetaan Kondisi Tanah dan Vegetasi Sebagai Upaya Mengurangi Terjadinya Bencana Gerakan Tanah di Desa Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus

Maeri Riani, - and Sri Prabandiyani, - and Munifatul Izzati, - (2013) Pemetaan Kondisi Tanah dan Vegetasi Sebagai Upaya Mengurangi Terjadinya Bencana Gerakan Tanah di Desa Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. In: Seminar nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan "Optimasi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan", 27 Agustus 2013, Ruang Seminar Prof.Ir. Soemarman Lt.6 Gedung A Pascasarjana Undip.

[img]
Preview
PDF
100Kb

Official URL: http://www.psil.undip.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kejadian gerakan tanah di Kabupaten Kudus salah satunya terjadi di Desa Rahtawu.Desa ini merupakan daerah pelindung bagi kawasan di bawahnya karena letaknya yang berada pada daerah hulu Sub DAS Gelis sekaligus sebagai daerah tangkapan air yang mengisi Cekungan Air Tanah Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jenis vegetasi apa saja yang sesuai dengan peruntukan kawasan Desa Rahtawu sebagai kawasan lindung dan sekaligus daerah rawan gerakan tanah dan menampilkannya dalam peta sehingga mempermudah pengelolaan kawasan ini. Jenis tanah di Desa Rahtawu adalah tanah regosol yang sangat peka terhadap erosi dan tersusun atas batuanlava basalt, andesit, dan Leusit dari Formasi Lava Muria (Qvlm) dengan struktur geologi Formasi Lava Muria terdapat kekar-kekar lembaran pada lava basalt dan andesit. Struktur sekunder berupa kelurusan-kelurusan yang arahnya tidak teratur.Rahtawu terdapat pada daerah dengan zona kerentanan gerakan tanah tinggi dan zona kerentanan gerakan tanah sedang, dengan kemiringanlereng lebih dari 40%. Sedangkan potensi tanaman yang ada di Desa Rahtawu adalah tanaman 50 hektar tanaman kapuk, 250 hektar jagung, dan 45 hektar sengon laut. Dengan metode overlay peta kondisi tanah, jenis sebaran vegetasi, didapatkan hasil bahwa lokasi longsor pada Desa Rahtawu terdapat pada kawasan permukiman dengan tanaman keras yang kurang rapat. Karena kondisi tanah dan kelerangannya yang tajam, dominasi sawah dan ladang jagung pada desa ini tidak disarankan bila tidak disertai dengan penanaman tanaman keras. Kata kunci:mapping,land condition,vegetation,land movement.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Environmental Science
ID Code:40680
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Nov 2013 08:40
Last Modified:26 Nov 2013 08:40

Repository Staff Only: item control page