ANALISIS KEGIATAN PENGELOLAAN REKAM MEDIS RAWAT INAP PASIEN KANKER PAYUDARA PROGRAM JAMKESMAS UNTUK MENDUKUNG PENGELOLAAN PEMBIAYAAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG TAHUN 2011

ABDULLAH, HANA (2013) ANALISIS KEGIATAN PENGELOLAAN REKAM MEDIS RAWAT INAP PASIEN KANKER PAYUDARA PROGRAM JAMKESMAS UNTUK MENDUKUNG PENGELOLAAN PEMBIAYAAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG TAHUN 2011. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
82Kb

Abstract

Pembiayaan kesehatan pasien rawat inap kanker payudara program Jamkesmas masuk dalam kategori sepuluh besar penyakit rawat inap Jamkesmas yang menyerap biaya tertinggi di RSI Sultan Agung pada trimester keempat 2011 dengan biaya kumulatif sebesar Rp 53.113.22,00. Studi pendahuluan menunjukkan terjadi permasalahan pembengkakan pembiayaan pelayanan kesehatan Jamkesmas pada tahun 2008 dikarenakan kurangnya pengetahuan pihak rumah sakit mengenai sistem pembayaran klaim Jamkesmas dengan pembiayaan yang didasarkan pada kelengkapan catatan data dalam rekam medis. Di tahun selanjutnya hingga 2011 pelaksanaan Jamkesmas, Manajemen RSI Sultan Agung bersama Tim Jamkesmas melaksanakan pengelolaan program dengan pedoman utama adalah catatan rekam medis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pengelolaan rekam medis rawat inap pasien kanker payudara program Jamkesmas untuk mendukung pengelolaan pembiayaan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang tahun 2011. Penelitian ini dilakukan menggunakan survei deskriptif metode kualitatif dan pendekatan cross sectional study. Obyek penelitian adalah kegiatan pengelolaan rekam medis rawat inap pasien kanker payudara Jamkesmas. Subyek penelitian diambil secara purposive berjumlah 9 orang terdiri dari 6 informan utama dan 3 informan triangulasi yang dilakukan wawancara dengan indepth interview. Analisis data kualitatif menggunakan analisis isi dengan penyajian data wawancara dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa tahapan kegiatan pengelolaan rekam medis rawat inap pasien kanker payudara Jamkesmas dilaksanakan sama dengan kegiatan pengelolaan rekam medis pasien bedah umum, dengan satu tahapan pembeda yakni verifikasi yang berfungsi sebagai syarat pengajuan klaim pembiayaan. Kegiatan pengelolaan rekam medis rawat inap kanker payudara Jamkesmas 2011 telah dilaksanakan sesuai prosedur rekam medis rumah sakit namun perihal pencatatan data pelayanan masih terjadi ketidaklengkapan. Manajemen rumah sakit perlu untuk menetapkan Standar Prosedur Operasional pencatatan lembaran wajib dalam rekam medis rawat inap pasien bedah Jamkesmas sehingga catatan diagnosis rekam medis legible (mudah terbaca), spesifik dan lengkap dan memudahkan pelaksanaaan koding.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:40554
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:25 Nov 2013 10:10
Last Modified:25 Nov 2013 10:10

Repository Staff Only: item control page