Kerusakan Mangrove Serta Korelasinya Terhadap Tingkat Intrusi Air Laut (Studi Kasus di Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi)

SODIKIN, - (2013) Kerusakan Mangrove Serta Korelasinya Terhadap Tingkat Intrusi Air Laut (Studi Kasus di Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi). Masters thesis, Program Magister Ilmu Lingkungan.

[img]
Preview
PDF
65Kb

Abstract

Abstrak Pertumbuhan penduduk yang semakin pesat di daerah pesisir, berakibat semakin meningkatnya kebutuhan terhadap lahan untuk pemukiman, perkebunan, pertambakan, dan peruntukan lainya. Peningkatan kebutuhan lahan, mengakibatkan banyak lahan mangrove mengalami kerusakan, akibat dikonversi untuk penambahan lahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui korelasi kerusakan mangrove terhadap tingkat intrusi air laut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, pengambilan sampel lahan mangrove, dan pengambilan sampel air yang berasal dari sumur warga. Pengambilan sampel lahan mangrove dilakukan pada empat stasiun penelitian yang tersebar secara merata, menggunakan metode transec line. Pengambilan sampel air sumur warga dilakukan pada lahan mangrove yang mengalami kerusakan. Pengambilan sampel air dilakukan pada dua zona ketinggian permukaan tanah yang berbeda, yaitu pada zona ketinggian 1,5 mdpl dan 2,5 mdpl. Parameter yang dinilai pada masing-masing sampel air sumur warga adalah kadar Chloride (cl-), Carbonate (CO3) dan Bicarbonate (HCO3=,) yang digunakan untuk menentukan tingkat intrusi air laut berdasarkan metode Ratio Bicarbonate. Hasil penelitian menunjukan di Desa Pantai Bahagia terdapat enam jenis mangrove yaitu Avicennia marinna, Avicennia officinalis, Nypa fruticans, Rhizophora apiculata , Rhizophora mucronata, Sonneratia alba. Kondisi mangrove di Desa Pantai Bahagia rentang tahun 2000 sampai 2012 berdasarkan hasil analisis overlay dari Citra Landsat 7 ETM + diketahui telah mengalami penurunan sebesar 55,57% atau tergolong dalam kriteria rusak. Berdasarkan hasil uji sampel air sumur warga yang ada di sekitar lahan mangrove yang menjadi stasiun penelitian, menunjukan adanya peningkatan rata-rata nilai harga perbandingan bikarbonat (HP) seiring dengan semakin besarnya presentase kerusakan mangrove. Hasil analisis berdasarkan jenis vegetasi yang dominan pada masing-masing stasiun, vegetasi Rhizophora mucronata memiliki nilai HP yang rendah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tumbuhan mangrove memiliki korelasi yang tinggi terhadap tingkat intrusi air laut. Kata Kunci : Kerusakan Mangrove, Pengaruh, Tingkat Intrusi Air Laut

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Environmental Science
ID Code:40473
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:21 Nov 2013 09:30
Last Modified:21 Nov 2013 09:30

Repository Staff Only: item control page