Analisis Penurunan Emisi Gas Karbon Monoksida (Co) dan Efisiensi BBM pada Kendaraan Roda Empat yang Menggunakan Alat Penghemat dan Pencampuran Bioetanol

AKBAR, FAJAR (2013) Analisis Penurunan Emisi Gas Karbon Monoksida (Co) dan Efisiensi BBM pada Kendaraan Roda Empat yang Menggunakan Alat Penghemat dan Pencampuran Bioetanol. Masters thesis, Program Magister Ilmu Lingkungan.

[img]
Preview
PDF
88Kb

Abstract

ABSTRAK Peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia yang semakin maju berimplikasi terhadap jumlah kepemilikan kendaraan pribadi yang ada saat ini. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan antara jumlah kendaraan di daerah perkotaan dengan laju pertambahan jalan yang ada di Indonesia sehingga terjadi kepadatan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan dan pencemaran udara oleh emisi gas buang kendaraan bermotor . Salah satu emisi gas buang yang cukup signifikan yang dihasilkan dari kendaraan bermotor yaitu emisi gas CO. Seiring meningkatnya kendaraan bermotor selain menyebebkan pencemaran udara berdampak pula terhadap peningkatan energi yang digunakan yaitu bahan bakar fosil. Kenyataannya cadangan dan ketersediaan minyak bumi menagalami penurunan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan pengurangan emisi gas buang karbon monoksida (CO) menggunakan modifikasi system bakar melalui penambahan alat penghemat BBM dan modifikasi penggunaan bahan bakar alternative bioetanol sebagai campuran bensin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa konsentrasi CO dan efisiensi bahan bakar dari mesin uji melalui variasi pencampuran bioetanol dengan bensin dan penambahan alat penghemat BBM Hidrokarbon Crack Sistem (HCS). Adapun variasi bahan bakar yang digunakan yaitu bahan bakar premium, premium-HCS, premium-bioetanol (E-5, E-10, E-15, E-20), dan kombinasi pencampuran premium-bioetanol dengan penghemat BBM (E-5+HCS, E-10+HCS, E-15+HCS, E-20+HCS). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang hasilnya akan dianalisis dalam bentuk deskriptif kemudian dijelaskan dalam bentuk grafik dan penjelasan sederhana yang mudah dipahami. Metode pengujian emisi dilakukan menggunakan alat gas analyzer menggunakan putaran rendah sampai putaran tertentu yaitu dari 1000 rpm – 3000 rpm dengan rentang 500 rpm. Untuk pengujian efisiensi bahan bakar dilakukan pada kondisi nyata dengan unjuk kerja kendaraan uji di jalan tol dengan kecepatan konstan 50 km/jam dan volume bahan bakar sebanyak 1 liter. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seiring meningkatnya pencampuran bioetanol pada bahan bakar menunjukkan penurunan emisi gas CO dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Begitu pula dengan pemakaian alat penghemat HCS menunjukkan penurunan emisi gas CO dan meningkatkan efisiensi bahan bakar terhadap jarak tempuh. Didapatkan konsentrasi emisi gas buang CO terendah pada putaran 2000 rpm menggunakan bahan bakar E-20+HCS yaitu 0,04 % CO dengan prosentase efisiensi penurunan konsentrasi CO dibandingkan dengan bahan bakar premium biasa sebesar 98,9%. Pengujian efisiensi bahan bakar terbaik menggunakan bahan bakar E-20+HCS dengan menempuh jarak sejauh 16 km dalam 1 liter volume bahan bakar. Dari segi efisiensi biaya, penggunaan E-20 pada bahan bakar dapat menghemat biaya sebesar 54,08% dibandingkan menggunakan bahan bakar premium biasa. Keyword : Emisi CO; Hidrokarbon Crack System; Bioetanol; Uji emisi ; Uji efisensi. REDUCTION ANALYSIS OF CARBON MONOXIDE (CO) GAS EMISSION AND FUEL EFFICIENCY IN THE FOUR WHEEL VEHICLES WITH THE SAVING FUEL DEVICE AND THE USING BLENDS OF GASOLINE WITH BIOETHANOL ABSTRACT Indonesian economic growth makes implications for the increasing number of private vehicle ownership available today. As a result there is imbalance between the number of vehicles in the urban areas with the rate of expansion of the existing road in Indonesia. So the density of traffic is causing traffic congestion and air pollution by exhaust gas emissions of a motor vehicle. One of exhaust gas emissions produced significant of the motor vehicle emissions is Carbon Monoxide Gas. Increasing number of vehicles followed the increasing number of fuel consumption. In fact, the availability of petroleum fuel increasing decline. Fuel derived from petroleum can not be renewable. This study was conducted to reduce fuel consumption and exhaust gas emissions of carbon monoxide (CO) using a modified fuel system through the addition of fuel-saving devices and modification of the use of bioethanol as an alternative fuel blend of gasoline. The purpose of this study was to analyze the concentrations of CO and fuel efficiency through the use of four-wheeled vehicles by the variation of fuel blends and the addition instrument Hydrocarbon Crack System (HCS). The variation of the fuel used premium fuel, premium-HCS, premium-bioethanol (E-5, E-10, E-15, E-20), and a combination of premium-bioethanol blending with fuel saver (E-5 + HCS, E-10+HCS, E-15 + HCS, HCS + E-20). This research is an experimental study whose results will be analyzed in the form of descriptive then described in the form of charts and simple explanations that can be easy to understand by other. The emission test method using a gas analyzer by condition of measurement from low rotation to certain round, which is from 1000 rpm - 3000 rpm in 500 rpm increase range. For fuel efficiency testing conducted on the performance of the real condition of the test vehicle on the highway at a constant speed of 50 km / h and 1 litre fuel as volume control. The test results showed that with increasing blending of bioethanol in fuel showed a decrease in CO emissions and improving fuel efficiency. Similarly, the use of HCS saving devices showed reduced CO emissions and improve fuel efficiency for mileage. The lowest concentration of CO emissions at 2000 rpm rotation using E-20+HCS whose value of concenntration is 0,04% CO. The percentage of CO concentration compared with regular premium fuel by 98.9% decrease. The Best fuel efficiency testing using E-20 fuel + HCS with a distance of 16 km in 1 liter of fuel volume. In terms of cost efficiency, the use of E-20 fuel can save as much as 54.08% efficiency better thAn using regular premium fuel. Key word : CO emissions; Hydrocarbons Crack System; Bioethanol; emissions test; efficiency test.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Environmental Science
ID Code:40472
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Nov 2013 09:17
Last Modified:21 Nov 2013 09:17

Repository Staff Only: item control page