Hubungan antara Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dokter dan Perawat dengan Kemauan Berobat Kembali Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kartini Jepara Tahun 2004

Pramono, M. Ali (2006) Hubungan antara Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dokter dan Perawat dengan Kemauan Berobat Kembali Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kartini Jepara Tahun 2004. Masters thesis, MIKM UNDIP.

[img]
Preview
PDF
557Kb

Abstract

M. Ali Pramono Hubungan antara Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dokter dan Perawat dengan Kemauan Berobat Kembali Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kartini Jepara Tahun 2004 xiv + 100 halaman + 35 tabel + 12 gambar + 2 lampiran Rumah sakit adalah salah satu bentuk organisasi pelayanan kesehatan yang merupakan bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan. Upayaupaya yang harus dilakukan oleh rumah sakit untuk tetap bertahan dan berkembang adalah meningkatkan pendapatan dari pasien karena pasien merupakan sumber pendapatan untuk rumah sakit secara langsung atau tidak langsung. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, sebagian besar pasien belum merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh dokter dan perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi pasien terhadap mutu pelayanan dokter dan perawat dengan kemauan berobat kembali pasien rawat inap di RSUD Jepara. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan menggunakan pendekatan crosssectional. Sampel diambil dari populasi yang merupakan pasien rawat inap yang telah memanfaatkan jasa pelayanan di RSUD Kartini Jepara tahun 2004. Jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi pasien tentang mutu pelayanan dokter yang mempunyai hubungan dengan kemauan berobat kembali yaitu responsiveness (p=0.003). Variabel persepsi pasien tentang mutu pelayanan perawat yang mempunyai hubungan dengan kemauan berobat kembali yaitu 6 responsiveness (p=0.005), dan empathy (p=0.02). Secara keseluruhan, persepsi pasien tentang mutu pelayanan dokter (p=0.01) dan perawat (p=0.03) mempunyai hubungan dengan kemauan berobat kembali. RS Kartini Jepara sebaiknya mengalokasikan sebagian pendapatannya untuk kegiatan pelatihan dalam rangka penyegaran kembali bagi dokter dan perawat yang bertugas di Unit Rawat Inap RS Kartini Jepara. RS Kartini Jepara perlu membuat mekanisme komunikasi untuk mengingatkan dokter agar melakukan visite sesuai jadwal. RS Jepara perlu memberi masukan dan motivasi untuk dokter atau perawat mengenai beberapa variabel pelayanan yang sudah dianggap baik. Kata Kunci : Persepsi Pasien, Mutu Pelayanan, Dokter, Perawat Kepustakaan : 30 (1981 – 2004)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:4036
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jan 2010 14:48
Last Modified:16 Jan 2010 14:48

Repository Staff Only: item control page