Perbedaan Efektivitas Alat Perangkap (Trapping) Nyamuk Aedes aegypti Betina dengan Modifikasi Berbahan Botol Plastik (Uji Laboratorium)

UNSPECIFIED (2013) Perbedaan Efektivitas Alat Perangkap (Trapping) Nyamuk Aedes aegypti Betina dengan Modifikasi Berbahan Botol Plastik (Uji Laboratorium). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Penelitian mengenai efektivitasalat perangkap (trapping)nyamuk vektor Demam Berdarah Dengue dengan fermentasi gula oleh Endang Puji Astuti dan Roy Nusa R.E.S di Loka Litbang P2B2 Ciamis Tahun 2009, sehingga penulis tertarik untuk membuat kembali perangkap nyamuk Ae. aegypti betina berbentuk modifikasi dengan berbahan botol plastik dan atraktan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas alat perangkap yang pernah diteliti sebelumnya tersebut dengan alat perangkap modifikasi terhadap nyamuk Ae. aegypti betina berbahan botol plastik dan perbandingan atraktan fermentasi ragi dan gula adalah 1 : 40 gram di laboratorium. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan post tes only control group design. Pengumpulan data dengan cara menghitung jumlah rata-rata nyamuk yang masuk dan terperangkap pada kedua alat perangkap selama 48 jam serta dengan 16 kali pengulangan(replikasi). Dari hasil pengukuran didapatkan besar intensitas suhu rata-rata 29,1 ºC dan kelembaban 47 %. Hasil perhitungan untuk setiap bentuk perangkap modifikasi rata-rata 13 ekor (52 %)dan bentuk biasa alat perangkap yang pernah diteliti sebelumnya rata-rata 3 ekor (13 %), kemudian pengujian alat perangkap modifikasi dalam menangkap nyamuk Ae aegyti betina setelah terperangkap ditandai dengan tidak dapat keluarnya nyamuk Ae. aegyti betina selama 48 jam. Selama 2 hari, alat perangkap nyamuk berbentuk modifikasi lebih efektif dalam menangkap nyamuk Ae. aegypti betina dari pada alat perangkap nyamuk yang pernah diteliti sebelumnya di dalam ruangan laboratorium. Penelitian di laboratorium ini menggambarkan bahwa alat perangkap nyamuk dengan bentuk modifikasi dapat dipertimbangkan sebagai salah satu metode vektor control di masyarakat. Kata Kunci: Kata Kunci : Perangkap Nyamuk Modifikasi, Perangkap Nyamuk Standar

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:40262
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:16 Oct 2013 14:56
Last Modified:16 Oct 2013 14:56

Repository Staff Only: item control page