HUBUNGAN ANTARA KEPADATAN LARVA DAN KEJADIAN TRANSOVARIAL PADA Ae. aegypti DENGAN INSIDEN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)DI KOTA SEMARANG

UNSPECIFIED (2013) HUBUNGAN ANTARA KEPADATAN LARVA DAN KEJADIAN TRANSOVARIAL PADA Ae. aegypti DENGAN INSIDEN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

DBD merupakan penyakit yang menjadi masalah kesehatan di sebagian Kota di Indonesia. Faktor yang mempengaruhi DBD antara lain host, lingkungan, virus dan vektor penular yaitu Ae. aegypti. Kepadatan populasi Ae. aegypti dapat diukur dengan indikator HI, CI, BI. Virus dengue dapat ditularkan melalui transovarial dan dapat dipertahankan keberadaannya di alam sehingga daerah endemis DBD seperti Kota Semarang akan terus menjadi daerah endemis. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara kepadatan larva dan kejadian transovarial pada Ae. aegypti dengan insiden DBD di Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah nyamuk Ae.aegypti pada beberapa rumah di 177 kelurahan. Sampel dalam penelitian ini adalah nyamuk Ae. aegypti hasil koleksi telur dari pemasangan ovitrap yang terkumpul dari 18 Kelurahan. Pemilihan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan 13 rumah sebagai sampel. Didapatkan hasil rata-rata kepadatan larva sebagai berikut: HI=42,20%, CI=21,07%, BI=58,17% dan OI=34,26%. Sedangkan hasil pemeriksaan transovarial diperoleh sebanyak 84 head squash dengan hasil positif virus dengue (ITT=40,97%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara HI(p=0,624), CI(p=0,693), BI(p=0,768) dan ITT(p=0,637) dengan insiden DBD. Disimpulkan telah terjadi transmisi transovarial virus dengue pada nyamuk Ae. aegypti di Kota Semarang. Namun tidak ada hubungan yang bermakna antara kejadian transovarial dan kepadatan larva Ae. aegypti dengan insiden DBD. Kata Kunci: Kata Kunci : Demam Berdarah Dengue, Kepadatan Larva, Ae.aegypti,Transovarial.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:40260
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:16 Oct 2013 14:51
Last Modified:16 Oct 2013 14:51

Repository Staff Only: item control page