IDENTIFIKASI KUALITAS BAKTERIOLOGIS BERDASARKAN KEBERADAAN SALMONELLA sp DAN JUMLAH KUMAN TOTAL PADA KERANG DARAH (Anadara granosa) DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di TPI Tambak Lorok, Pasar Induk, Pasar Swalayan dan Pedagang Makanan Kerang)

UNSPECIFIED (2013) IDENTIFIKASI KUALITAS BAKTERIOLOGIS BERDASARKAN KEBERADAAN SALMONELLA sp DAN JUMLAH KUMAN TOTAL PADA KERANG DARAH (Anadara granosa) DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di TPI Tambak Lorok, Pasar Induk, Pasar Swalayan dan Pedagang Makanan Kerang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Kerang darah (Anadara granosa) merupakan sumber protein dan mineral bagi kebutuhan pangan masyarakat sangat rentan terhadap kontaminasi bakteri patogen apabila kerang tersebut berasal dari perairan yang tercemar. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan kualitas bakteriologis kerang darah (Anadara granosa) dengan mengidentifikasi keberadaan bakteri Salmonella sp dan jumlah kuman total (Total Plate Count) pada kerang darah (Anadara granosa). Lokasi penelitian berada di TPI Tambak Lorok, pasar induk kota Semarang, pasar swalayan dan pedagang makanan kerang di Tembalang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dan pemeriksaan laboratorium dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitiaan ini sebanyak 35 pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6 sampel kerang darah yang positif teridentifikasi keberadaan bakteri Salmonella sp dan jumlah kuman total pada seluruh kerang darah dan semua sampel melebihi batas standar cemaran mikroba dalam bahan pangan. Kata Kunci: Kerang darah, Salmonella sp, jumlah kuman total, TPI, Pasar Induk, Pasar Swalayan, Pedagang Makanan Kerang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:40259
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Oct 2013 14:49
Last Modified:16 Oct 2013 14:49

Repository Staff Only: item control page