STUDI KOMPARATIF FAKTOR-FAKTOR KINERJA BIDAN DESA DALAM PELAYANAN ANTENATAL ANTARA PUSKESMAS CILACAP SELATAN II DAN PUSKESMAS GANDRUNGMANGU II DI KABUPATEN CILACAP

UNSPECIFIED (2013) STUDI KOMPARATIF FAKTOR-FAKTOR KINERJA BIDAN DESA DALAM PELAYANAN ANTENATAL ANTARA PUSKESMAS CILACAP SELATAN II DAN PUSKESMAS GANDRUNGMANGU II DI KABUPATEN CILACAP. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Salah satu upaya dalam menurunkan angka kematian ibu (AKI) dengan pelayanan antenatal. Pelayanan antenatal adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada ibu selama hamil secara berkala, untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya, yang diikuti dengan upaya koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan. Dari 36 Puskesmas yang terdapat di Kabupaten Cilacap, ada 2 Puskesmas yang cakupan K1 dan K4 nya tinggi dan rendah yaitu Puskesmas Gandrungmangu II dan Puskesmas Cilacap Selatan II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor –faktor kinerja bidan desa antara Puskesmas Cilacap Selatan II dengan Puskesmas Gandrungmangu II dalam pelayanan Antenatal di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian survey (non eksperimen) dengan studi perbandingan dengan menggunakan metode kuantitatif, populasi penelitian adalah seluruh bidan desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Cilacap Selatan II yang berjumlah 4 bidan desa dan Puskesmas Gandrungmangu II yang berjumlah 11 bidan desa. Pengambilan data menggunakan kuesioner terstruktur dengan bentuk pertanyaan tertutup berupa sejumlah pertanyaan yang telah disediakan jawabannya oleh peneliti. Data yang diperoleh yaitu karakteristik responden, variabel pengetahuan, supervisi, kompensasi, komunikasi, sumber daya, motivasi. Analisa data menggunakan Mann-Whitney U-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kinerja bidan desa dalam pelayanan antenatal adalah pengetahuan (p-value = 0,044); supervisi (p-value = 0,026); kompensasi (p-value = 0,002); komunikasi (p-value = 0,023); sumber daya (p-value = 0,021) dan motivasi (p-value = 0,043). Disarankan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, perlu adanya pelatihan bagi bidan desa yang menunjang kinerja dan motivasi dalam pelayanan antenatal. Kata Kunci: Kata kunci :Pelayanan antenatal, kinerja, bidan desa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:40236
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:16 Oct 2013 13:39
Last Modified:16 Oct 2013 13:39

Repository Staff Only: item control page