EVALUASI PROGRAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PERDESAAN TERHADAP PERKEMBANGAN EKONOMI KAWASAN PERDESAAN Studi Kasus : Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman

Cakrawijaya, Muhammad Amin (2013) EVALUASI PROGRAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PERDESAAN TERHADAP PERKEMBANGAN EKONOMI KAWASAN PERDESAAN Studi Kasus : Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Masters thesis, magister teknik sipil.

[img]
Preview
PDF
47Kb
[img]
Preview
PDF
40Kb
[img]
Preview
PDF
40Kb
[img]
Preview
PDF
51Kb
[img]
Preview
PDF
62Kb
[img]
Preview
PDF
195Kb
[img]
Preview
PDF
40Kb

Abstract

ABSTRAK Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) merupakan program bantuan pembangunan infrastruktur perdesaan yang diarahkan untuk mendorong peningkatan perekonomian perdesaan. PPIP dilaksanakan secara partisipatif dimana masyarakat dapat memilih infrastruktur yang diinginkan. Dengan pendekatan partisipatif, prioritas infrastruktur bergantung pada kemampuan masyarakat dalam memilih. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterkaitan dan dampak PPIP yang telah dipilih masyarakat terhadap perkembangan ekonomi kawasan perdesaan menggunakan pendekatan triangulasi atau mixmethode dengan mengambil studi kasus di Desa Wonokerto Kecamatan Turi, menggunakan teknik sampling multistage sampling. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa infrastruktur yang dibangun melalui PPIP secara umum berdampak positif terhadap perkembangan ekonomi kawasan perdesaan. Pembangunan infrastruktur melalui PPIP berkontribusi terhadap 27,17% kenaikan nilai ekonomi lahan desa, serta 10,13% pendapatan total masyarakat. Perkembangan ekonomi sebagaimana disebutkan di atas, hanya dirasakan oleh sebagian kecil masyarakat, dan bersifat sementara atau tidak berkelanjutan. Namun hasil tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi eksisting kawasan studi, yaitu Desa Wonokerto yang merupakan kawasan sentra produksi perkebunan salak dengan topografi yang berbukit, sehingga pada tempat dengan karakteristik yang berbeda, nilai kontribusinya juga dapat berbeda. Untuk rekomendasi, perencanaan PPIP kedepan perlu mengembangkan program-program strategis yang berdasarkan kebutuhan masyrakat melalui proses pendampingan dan pembelajaran masyarakat dalam memilih programprogram prioritas yang dibutuhkan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Program, Infrastruktur, Perkembangan Ekonomi Perdesaan
Subjects:T Technology > TH Building construction
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Civil Engineering
ID Code:40198
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Oct 2013 12:44
Last Modified:01 Sep 2016 11:45

Repository Staff Only: item control page