LAPORAN PENELITIAN PERAN DAN POSISI HUMAS SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI DI SEMARANG

UNSPECIFIED (2011) LAPORAN PENELITIAN PERAN DAN POSISI HUMAS SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI DI SEMARANG. [Experiment]

[img]
Preview
PDF
8Mb

Abstract

Peran Hubungan Masyarakat selalu menjadi pertanyaan yang mendasar dalam studi organisasi. Pemahaman atas peran Humas dan posisi Hubungan Masyarakat menjadikan Humas berada pada pcsisi tertentu. Peran dan posisi yang baik merupakan hal yang semestinya disadari para pembuat keputusan. Hubungan masyarakat dalam kontek organisasi mestinya dapat berperan banyak dalam konteks komunikasi yang dijalin antara lembaga dalam hal ini adalah universitas dengan para pemangku kepentingan. Penempatan Hubungan Masyarakat pada posisi tertentu dalam manajemen mempunyai konsekuensi-konsekuensi dalam proses pelaksanaan fungsi Hubungan Masyarakat itu sendiri. Hal itu terjadi karen a dalam manajemen, alur kerja dan hierarki san gat mempengaruhi pola kerja sekaligus pola pengambilan keputusan (decision making) dalam menjalankan tugas komunikasi yang diemban oleh PR. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran dan posisi PR dalam rnanajemen di institusi pendidikan dalarn hal ini universitas dan politeknik dalam rnencapai tujuan. Setelah melakukan identifikasi peran dan posisi PR dalm perusahaan, dengan penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja PR sebagai bagian dari manajemen. Yang menjadi konsep dasar sebagai pijakan adalah konsep dari Cutlip, Center, Broom tentang tingkatan peran Humas. Empat model PR yang dirumuskan oleh Grunig dan Hunt dalam bukunya Managing Public Relations 1985 : press agentry/publicity, public information, two way asymentric dan two-way symentric. Konsep lain yang mendasari penelitian ini adalah The Excellence in Public Relations Management. Penelitian ini menggunakan metoda penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah Humas Universitas Diponegoro beserta stakeholder internal dan Humas Universitas Negeri Semarang beserta stakeholder internalnya. Data diambil dari hasil wawancara dengan bantuan interview guide kemudian diolah menjadi infonnasi yang bisa menjawab tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan Peran Humas di Universitas Negeri cenderung bertindak sebagai Communication technician dan hanya sedikit berperan sebagai Communication facilitator. Posisi Humas di Universitas Negeri berada posisi yang marginal terbukti dengan masih banyak jenjang birokrasi yang harus dilalui dalam melaksanakan fungsinya.Kinerja Humas berkaitan dengan peran dan posisinya pada penelitian ini dinilai positif dan sesuai dengan porsi kerja.

Item Type:Experiment
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:40046
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Sep 2013 09:06
Last Modified:05 Sep 2013 15:54

Repository Staff Only: item control page