Analisa Pengaruh Kepercayaan Merek (Brand Trust) Dan Nilai Yang Dirasakan (Perceived Value) Terhadap Loyalitas Konsumen Skuter Piaggio Vespa (Studi Kasus : Pengguna Piaggio Vespa di Semarang)

UNSPECIFIED (2013) Analisa Pengaruh Kepercayaan Merek (Brand Trust) Dan Nilai Yang Dirasakan (Perceived Value) Terhadap Loyalitas Konsumen Skuter Piaggio Vespa (Studi Kasus : Pengguna Piaggio Vespa di Semarang). Undergraduate thesis, Industrial Engineering.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Vespa merupakan merek sepeda motor skuter diproduksi oleh perusahaan Itali, Piaggio. Di Indonesia Vespa menjadi ikon gaya hidup klasik salah satunnya di Semarang. Saat ini banyak bermunculan merek-merek sepeda motor baru, namun demikian Piaggio Vespa tetap memiliki konsumen yang loyal terhadap merek. Loyalitas terhadap merek ini sering dipengaruhi oleh beberapa variabel, diantaranya yaitu kepercayaan terhadap merek dan nilai yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh manakah variabel kepercayaan terhadap merek dan nilai yang dirasakan mempengaruhi loyalitas terhadap merek Vespa. Setelah itu variabel kepercayaan terhadap merek dan nilai yang dirasakan diturunkan menjadi beberapa dimensi lagi untuk mencari pengaruh tiap variabel dengan lebih terperinci. Pada penelitian ini data diperoleh dari wawancara dan kuesioner yang terdiri 50 pertanyaan yang disebar kepada 56 responden secara acak. Kemudian, data tdianalisis regresi linier menggunakan SPSS. Hasil perhitungan pada penelitian ini menunjukkan nilai dari koefisien determinasi untuk variabel yaitu kepercayaan terhadap merek dan nilai yang dirasakan secara umum sebesar 73,9 %.. Untuk variabel turunan dari variabel kepercayaan terhadap merek dan nilai yang dirasakan yaitu karakteristik merek, karakteristik perusahaan, karekteristik konsumen-merek, nilai fungsional, nilai sosial, nilai emosional, nilai epistemis dan nilai kondisional menunjukkan nilai dari koefisien determinasi untuk variabel yaitu kepercayaan terhadap merek dan nilai yang dirasakan sebesar 77,1 % yang mana keduanya menunjukkan bahwa kepercayaan terhadap merek dan nilai yang dirasakan berpengaruh secara bersama terhadap loyalitas merek. Hasil analisis menunjukkan bahwa yang memberikan pengaruh secara umum adalah nilai yang dirasakan dengan nilai signifikansi 0,00. Jika ditelusur lebih mendalam maka yang memiliki pengaruh terbesar adalah nilai emosional dengan nilai 0,227. Dan variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan adalah nilai fungsional, nilai epistemic, dan nilai kondisional. ABSTRACT Vespa is a scooter type motorcycle brand who manufactured by Italian companies, the Piaggio.Co. In Indonesia Vespa became an icon of classic lifestyle characterized including in Semarang. Today many motorcycle brands appear, however Vespa yet still has loyal customers to the brand (brand loyalty). Brand loyalty is often influenced by several variables, such as the brand trust and perceived value. This study aims to determine how far the brand trust variable and perceived value variable can affect the level of Vespa brand loyalty. After that, the variable brand trust and perceived value is divided to be a few more dimensions to find the effect of each variable in more detail. In this study, the data obtained from the observations, interviews, and a questionnaire consisting of 50 questions were distributed to 56 respondents at random. Then, the linear regression data were analyzed using SPSS version 20. The results of the calculations in this study demonstrate the value of the coefficient of determination for the variables of brand trust and perceived value of 73.9%. For the variables that derived from the variable brand trust and perceived value which is brand characteristics, company characteristics, consumer-branded characteristic, functional value, social value, emotional value, epistemic value and conditional value indicates the value of the coefficient of determination value of 77.1%. This means which is both showed that brand trust and perceived value affect simultaneously towards brand loyalty. From the results of the analysis show that the general influence is perceived value with a significance value of 0.00. If traced deeper then that has the greatest effect is the emotional value with a value of 0.227. And the variable that is not gave significant effect is functional value, epistemic value, and conditional value.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci : loyalitas merek, kepercayaan merek ,nilai dirasakan, regresi liear, Vespa.Key words: brand loyalty, brand trust, perceived value, linear regression, Vespa
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:40015
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Aug 2013 15:00
Last Modified:29 Aug 2013 15:00

Repository Staff Only: item control page