ANALISIS DAN PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SALATIGA MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN AHP

UNSPECIFIED (2013) ANALISIS DAN PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SALATIGA MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN AHP. Undergraduate thesis, Industrial Engineering.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga merupakan Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Salatiga. Saat ini RSUD Salatiga melakukan promosi dengan menggunakan leaflet, poster, video mini, sosialisasi ke Kecamatan di Salatiga, pameran pembangunan, dan kalender. Dengan adanya strategi pemasaran tersebut pihak RSUD berharap dapat meningkatkan volume pendapatan dan volume pelayanan dari pasien dari tahun ke tahun, tetapi dari aktivitas pelayanan perawatan RSUD Salatiga dari tahun 2010 hingga 2011 aktivitas pelayanan perawatan RSUD Salatiga mengalami penurunan volume pelayanan perawatan rawat inap dan rawat jalan, Penelitian ini menjelaskan bagaimana meningkatkan jumlah pasien yang berkunjung ke RSUD Salatiga dengan memilih strategi pemasaran dengan menggabungkan metode SWOT Matriks dengan Analtyic Hierarki Process (AHP). SWOT digunakan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari RSUD Salatiga. AHP digunakan untuk menentukan prioritas dari faktor SWOT. Prioritas dari SWOT akan digunakan untuk formulasi alternatif strategi dengan menggunakan TOWS Matriks. Yang nantinya akan dievaluasi dengan strategic evaluation matriks. Hasil dari penggabungan metode SWOT dengan AHP didapatkan strategi alternatif yang disarankan adalah memaksimalkan prosedur pelayanan medik, keperawatan, dan fasilitas yang sudah sesuai standart, untuk menghindari ketidakpuasan pasien terhadapa pelayanan di RSUD Salatiga dan melakukan kerjasama dengan supplier obat-obatan tertentu yang belum tersedia sehingga dapat tercukupi kebutuhan obat. Alternatif ini diharapkan akan membantu RSUD Salatiga untuk mencapai tujuan obyektif yang ingin ditingkatkan dari RSUD Salatiga yaitu : jumlah pasien, kepuasan pasien serta kualitas dari sumber daya manusia Abstract Regional General Hospital (Hospital) Hospital Salatiga is owned by the City of Salatiga. Currently hospitals Salatiga promotion using leaflets, posters, mini video, socialization into the District in Salatiga, exhibition development, and calendar. With this marketing strategy is the hospital hopes to increase the volume of revenue and volume of patient services from year to year, but from Salatiga hospital care service activities from 2010 to 2011 hospital nursing service activities Salatiga volume decreased inpatient care services and outpatient care, `This study describes how to increase the number of patients visiting the hospital Salatiga by choosing a marketing strategy by combining the methods of SWOT Matrix Analtyic Hierarchy Process (AHP). SWOT is used to determine the internal and external factors of hospital Salatiga. AHP is used to determine the priorities of SWOT factors. Priorities of SWOT will be used for the formulation of alternative strategies using the TOWS Matrix. Which will be evaluated with the strategic evaluation matrix. The result of the merger with AHP obtained SWOT method recommended alternative strategy is to maximize the procedure medical services, nursing, and facilities that are appropriate standards, to avoid patient dissatisfaction terhadapa Salatiga care in hospitals and suppliers to cooperate with certain drugs are not yet available so it can be adequate medication needs. This alternative is expected to help hospitals Salatiga to achieve the objective of the hospital to be improved Salatiga: number of patients, patient satisfaction and the quality of human resources

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kata kunci: RSUD Salatiga, Strategi Pemasaran , Analysis SWOT, Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:40003
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Aug 2013 13:58
Last Modified:29 Aug 2013 13:58

Repository Staff Only: item control page