UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK BAKTERI SIMBION KARANG LUNAK Sarcophyton sp.SEBAGAI BIOLARVASIDA PADA LARVA LALAT RUMAH (Musca domestica)

UNSPECIFIED (2013) UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK BAKTERI SIMBION KARANG LUNAK Sarcophyton sp.SEBAGAI BIOLARVASIDA PADA LARVA LALAT RUMAH (Musca domestica). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Lalat merupakan salah satu serangga yang termasuk dalam ordo Dipthera,yang beperan sebagai vektor mekanik,penyakit pada manusia. Salah satu cara pengendalian lalat yang dapat dilakukan adalah memutus mata rantai penularan dengan menggunakan insektisida/biolarvasida. Penggunaan insektisida secara terus menerus menimbulkan masalah baru, seperti pencemaran lingkungan dan resistensi vektor sehingga dicari alternatif lain dengan mengembangkan insektisida alamiah yang relatif aman dan ramah lingkungan. Sarcophyton sp merupakan salah satu jenis karang lunak yang mempunyai kandungan bioaktif diantaranya adalah alkaloid, flavonoid dan steroid. Kandungan bioaktif yang terdapat pada Sarcophyton sp. dapat digunakan sebagai antioksidan dan biolarvasida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak bakteri simbion karang lunak Sarcophyton sp. terhadap angka kematian larva lalat rumah (Musca domestica). Ekstrak bakteri simbion karang lunak Sarcophyton sp. dimaserasi dengan menggunakan methanol. Dalam penelitian ini dilakukan 7 perlakuan (30%,40%,50%,60%,70% dan dua kelompok kontrol). Masing-masing pelakuan dilakukan pengulangan sebanyak 3 kali. Untuk setiap pengulangan digunakan 20 ekor larva lalat rumah (Musca domestica) instar II. Metode yang digunakan adalah explanatory laboratories. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tertingi kematian larva lalat rumah (Musca domestica) terdapat pada konsentrasi 70% dengan kematian 19,5 ekor, nilai LC50 terdapat pada konsentrasi 45% dan LC90 pada konsentrasi 66%. Berdasarkan hasil uji analisis statistik ANOVA terdapat perbedaan anatara kelompok kontrol dan perlakuan dengan nilai p<0,05 (p=0,000). Berdasakan pengujian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektivitas pada berbagai konsentrasi ekstrak bakteri simbion karang lunak Sarcophyton sp.. Diharapkan ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui besar kandungan senyawa bioaktif yang terdapat pada ekstrak bakteri simbion karang lunak Sarcophyton sp. Kata Kunci: Musca domestica,Biolarvasida,Sarcophyton sp.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:39838
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:15 Aug 2013 08:47
Last Modified:15 Aug 2013 08:47

Repository Staff Only: item control page