HUBUNGAN RIWAYAT PAPARAN PESTISIDA SAAT KEHAMILAN DENGAN RISIKO AUTIS PADA BALITA 3-5 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIWULUH KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES (RISIKO AUTIS DENGAN MENGGUNAKAN CHECKLIST FOR AUTISME IN TODDLERS)

UNSPECIFIED (2013) HUBUNGAN RIWAYAT PAPARAN PESTISIDA SAAT KEHAMILAN DENGAN RISIKO AUTIS PADA BALITA 3-5 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIWULUH KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES (RISIKO AUTIS DENGAN MENGGUNAKAN CHECKLIST FOR AUTISME IN TODDLERS). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Brebes merupakan daerah dengan tingkat pemakaian pestisida cukup tinggi.Penggunaan pestisida yang tidak terkontrol mengakibatkan masalah pestisida di masyarakat menjadi masalah yang serius. Pestisida tidak hanya berisiko bagi petani tetapi juga wanita usia subur (WUS), dan anaknya. Anak mempunyai risiko terpajan pestisida lebih besar dibanding dewasa karena organ di dalam tubuh masih berkembang untuk menjadi matang. Dampak paparan pestisida pada anak antara lain gangguan belajar, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), keterlambatan perkembangan, emosi dan tingkah laku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan riwayat paparan pestisida dengan risiko autis pada balita 3-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Siwuluh Kabupaten Brebes Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini 418 balita. Sampel terdiri dari 83 balita di wilayah kerja Puskesmas Siwuluh yang di ambil secara random. Data dianalisis menggunakan chi square dengan taraf signifikansi 0,05. Dari 83 balita, yang mengalami risiko autis sebesar 18 balita (21,7%). Hasil uji statistik juga menunjukkan bahwa adanya hubungan bermakna antara variabel membantu menyiapkan pestisida (p=0,0001), membantu mengoplos pestisida (p=0,0001), membantu mencuci peralatan/pakaian yang digunakan saat menyemprot(p=0,006) membuang atau mencabut rumput di sawah (p=0,004), masa kerja (p=0,042), dan keberadaaan pestisida di dalam rumah (p=0,038) dengan risiko autis pada balita 3-5 tahun.Kegiatan menyiapkan pestisida, membantu mengoplos, membantu mencuci, masa kerja, keberadaaan pestisida di dalam rumah, dan mencabut rumput di sawah merupakan faktor risiko kejadian autis pada balita di wilayah kerja Puskesmas Siwuluh Kabupaten Brebes. Kata Kunci: bawang merah, paparan pestisida, risiko autis dan balita

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:39721
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:12 Aug 2013 10:15
Last Modified:12 Aug 2013 10:15

Repository Staff Only: item control page