KUALITAS BAKTERIOLOGIS BERDASARKAN KEBERADAAN Salmonella Sp Dan JUMLAH KUMAN TOTAL PADA SELADA (Lactusa Sativa) (Studi pada Pedagang Selada Di Pasar Induk Tradisional dan Pasar Swalayan Kota Semarang)

UNSPECIFIED (2013) KUALITAS BAKTERIOLOGIS BERDASARKAN KEBERADAAN Salmonella Sp Dan JUMLAH KUMAN TOTAL PADA SELADA (Lactusa Sativa) (Studi pada Pedagang Selada Di Pasar Induk Tradisional dan Pasar Swalayan Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Konsumsi selada mentah sangat rentan terhadap kontaminasi bakteri patogen, karena rendahnya mutu mikrobiologis selada yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kualitas bakteriologis selada (Lactusa sativa) dengan mengidentifikasi keberadaan bakteri Salmonella sp dan jumlah kuman total (Total Plate Count) pada selada yang dijual di pasar induk tradisional dan pasar swalayan di kota Semarang, serta menganalisis beberapa faktor yang berhubungan dengan keberadaan bakteri Salmonella sp pada selada. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik dengan menggunakan metode survey dan pemeriksaan laboratorium dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini sebanyak 32 pedagang. Analisis data menggunakan uji Chi-square. Variabel bebas yang diteliti adalah sanitasi tempat, sanitasi air, higiene pedagang, dan kesehatan pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 sampel selada yang diperiksa terdapat 4 sampel selada yang positif teridentifikasi keberadaan bakteri Salmonella sp dan jumlah kuman total pada seluruh selada yang diperiksa melebihi batas standar cemaran (lebih dari 103 sel/g). Selada yang dijual di pasar tradisional memiliki kisaran jumlah kuman total antara 4,3 x 105 hingga 1,5 x 107 sel/g. Sedangkan selada yang dijual di pasar swalayan memiliki kisaran jumlah kuman total antara. 4,1 x 105 hingga 7,8 x 105sel/g. Variabel yang berhubungan dengan keberadaan Salmonella sp meliputi kesehatan pedagang (pvalue= 0,026) pada (POR) = 0,091 95%CI= 0,008-1,039. Diperlukan sosialisasi kepada pedagang di pasar tradisional mengenai penanganan sayuran dengan baik selama rentang penjualan sayuran serta diperlukan pula pemeriksaan kesehatan bagi pedagang dan pembinaan untuk meningkatkan higiene pedagang di pasar tradisional. Kata Kunci: Selada, Salmonella sp, jumlah kuman total

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:39710
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Aug 2013 10:44
Last Modified:02 Aug 2013 10:44

Repository Staff Only: item control page