PENGARUH VIRGIN COCONUT OIL ORAL TERHADAP KADAR TROPONIN I DAN INTERVAL PR ELEKTROKARDIOGRAFI PADA KARSINOMA DUKTAL INVASIF MAMMA STADIUM III YANG MENDAPATKAN KEMOTERAPI 5-FU, ADRIAMYCIN DAN CYCLOFOSFAMID (FAC)

Bagaskoro, Ario (2013) PENGARUH VIRGIN COCONUT OIL ORAL TERHADAP KADAR TROPONIN I DAN INTERVAL PR ELEKTROKARDIOGRAFI PADA KARSINOMA DUKTAL INVASIF MAMMA STADIUM III YANG MENDAPATKAN KEMOTERAPI 5-FU, ADRIAMYCIN DAN CYCLOFOSFAMID (FAC). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul)
3994Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
648Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
997Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
70Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 4)
326Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
387Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 6)
95Kb
[img]
Preview
PDF (Bab 7)
27Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
430Kb
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
15Mb

Official URL: http://www.mbiomedik.undip.ac.id/

Abstract

Latar belakang : Anthracycline meningkatkan produksi radikal bebas menyebabkan kardiotoksik salah satunya menyebabkan AV blok. Penggunaan serum serial troponin I sebagai detektor sensitif awal dari cedera miosit akut bisa menjadi nilai dasar kemoterapi Anthracycline. Elektrokardiografi (EKG) adalah metode diagnostik yang direkomendasikan untuk mendeteksi kardiotoksik dalam onkologi. Pemberian VCO sebagai antioksidan. Tujuan : Membuktikan adanya penurunan kardiotoksik pada kelompok pasien yang menjalani kemoterapi FAC dan diberi suplemen VCO dibandingkan dengan pasien yang menjalani kemoterapi FAC tanpa diberi VCO. Material dan Metode Penelitian : Penelitian eksperimental dengan memberikan VCO 3x2 kapsul sehari selama 3 siklus kemoterapi pada penderita kanker payudara yang menjalani kemoterapi di RS dr. Kariadi Semarang. Sampel didapatkan random sampling. Kadar troponin I dihitung dalam satuan μg/L dan interval PR dalam satuan detik. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil : Kadar Troponin I dan Interval PR EKG tidak ada perbedaan yang signifikan dengan nilai p value 1,000 (>0,05) Kesimpulan : Tidak terdapat penurunan kadar Troponin I serum kelompok kontrol dan perlakuan. Tidak terdapat penurunan waktu interval PR EKG antara kelompok kontrol dan perlakuan Kata kunci: Anthracycline, elektrokardiografi, Troponin I, kardiotoksik, Ca Mamma, virgin coconut oil

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Biomedical Science
ID Code:39568
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jul 2013 10:28
Last Modified:22 Jul 2013 10:28

Repository Staff Only: item control page