PROGNOSIS KERUSAKAN BANTALAN GELINDING PADA SISTEM INDUSTRI DENGAN METODE NONLINEAR AUTOREGRESSIVE WITH EXOGENOUS (NARX)

Gunawan Budi, Santoso (2013) PROGNOSIS KERUSAKAN BANTALAN GELINDING PADA SISTEM INDUSTRI DENGAN METODE NONLINEAR AUTOREGRESSIVE WITH EXOGENOUS (NARX). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Rich Text (RTF)

Official URL: http://www.msi.undip.ac.id

Abstract

Di dalam penelitian ini, pemantauan terhadap sistem industri menggunakan sebuah sistem yang akan melakukan prognosis kerusakan terhadap komponen yang terdapat di mesin industri, yaitu bantalan gelinding. Pemantauan terhadap kinerja mesin dilakukan dengan tujuan agar proses bisnis dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya proses yang terhenti. Karena apabila proses bisnis berhenti sekian detik saja, maka industri tersebut akan mengalami kerugian. Metode yang digunakan adalah metode Nonlinear AutoRegressive with eXogenous (NARX), yang berdasarkan pada linear ARX model, dimana umumnya digunakan pada model time series. Model ini menggunakan jaringan dinamis yang berulang, dengan koneksi umpan balik dan melampirkan beberapa lapis jaringan. Data getaran bantalan gelinding diperoleh dari NASA. Kemudian dilakukan ekstraksi data menggunakan script featcalc dan selanjutnya dilakukan komputasi menggunakan NARX. Hasil dari penelitian ini berupa sisa umur fungsi pada peralatan mesin industri. Parameter keberhasilan prognosis menggunakan pengukuran performa error RMSE mendekati 0 dan performa korelasi R mendekati 1. Sehingga dengan hasil prognosis ini maka kerusakan fatal di dalam sebuah mesin dapat terhindarkan. Hal ini juga merupakan bagian dari perawatan pada mesin industri, dengan tujuan agar biaya yang dikeluarkan menjadi lebih efisien dan penggantian peralatan menjadi efektif.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Information System
ID Code:39547
Deposited By:Mr Musa MSI
Deposited On:18 Jul 2013 12:16
Last Modified:25 Sep 2013 11:19

Repository Staff Only: item control page