GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK TENTANG IMUNISASI DPT DI DAERAH KEJADIAN LUAR BIASA (KLB) DIFTERI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2012 (STUDI KUALITATIF)

LATUAMURY, YUNIAR MEGASARI (2013) GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK TENTANG IMUNISASI DPT DI DAERAH KEJADIAN LUAR BIASA (KLB) DIFTERI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2012 (STUDI KUALITATIF). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Pada tahun 2012 terjadi KLB difteri di Kota Semarang. Terdapat 3 kasus difteri di Semarang. KLB difteri merupakan permasalahan yang belum terselesaikan di Semarang karena setiap tahunnya selalu terdapat kasus difteri. Satu kasus difteri merupakan KLB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai pengetahuan, sikap, praktik tentang imunisasi DPT di daerah KLB difteri di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data secara indept interview dan survei observasional pada penyimpanan vaksin. Sampel 15 orang, informan utama adalah ibu dari penderita difteri sebanyak 3 orang, informan triangulasi adalah ibu-ibu lain di daerah KLB sebanyak 9 orang, serta 3 petugas imunisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan informan mengenai difteri dan imunisasi DPT masih kurang. Sikap informan cukup baik, tetapi tidak didukung dengan pengetahuan yang baik sehingga walaupun ibu mengimunisasi anaknya secara lengkap tetapi pemberian imunisasi DPT berikutnya tidak sesuai jadwal imunisasi seharusnya. Dalam praktik pemberian imunisasi DPT, pengetahuan informan yang kurang mengakibatkan pelaksanaan praktik imunisasi DPT tidak sesuai jadwal. Dalam praktik pemberian imunisasi DPT, imunisasi DPT yang lebih banyak dilakukan di bidan praktik swasta yang tidak mempunyai sarana yang baik dalam penyimpanan vaksin, sehingga mengakibatkan rusaknya vaksin. Kata Kunci: KLB Difteri, Imunisasi DPT, Pengetahuan, Sikap, Praktik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:39531
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:15 Jul 2013 10:21
Last Modified:15 Jul 2013 10:21

Repository Staff Only: item control page