HUBUNGAN JARAK SPAL PABRIK KERUPUK DAN SUMUR GALI DENGAN KADAR ZAT ORGANIK DAN NITRIT PADA AIR SUMUR GALI (STUDI DI SENTRA PABRIK KERUPUK KABUPATEN INDRAMAYU)

IMAN, QUITERIA EUSTACIA (2013) HUBUNGAN JARAK SPAL PABRIK KERUPUK DAN SUMUR GALI DENGAN KADAR ZAT ORGANIK DAN NITRIT PADA AIR SUMUR GALI (STUDI DI SENTRA PABRIK KERUPUK KABUPATEN INDRAMAYU). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Desa Kenanga merupakan wilayah pabrik kerupuk yang ada di Indramayu. Pabrik kerupuk tersebut membuang limbahnya ke saluran pembuangan dan sungai. Karakteristik dari limbah kerupuk yaitu BOD, COD, TSS, dan pH. Sebagian warga di desa tersebut masih ada yang menggunakan sumur gali sebagai sarana air bersihnya. Saluran pembuangan limbah tidak kedap air. Limbah yang dibuang pabrik kerupuk belum diolah sehingga dapat meresap ke dalam tanah dan mengalir bersama air tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan jarak Saluran pembuangan air limbah pabrik kerupuk dan sumur gali dengan kadar zat organik dan nitrit pada air sumur gali di desa kenanga kabupaten Indramayu. penelitian ini menggunakan survey analitik dengan metode cross sectional. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sumur gali yang ada di desa Kenanga sebanyak 30 sumur gali. Sampel yang diambil sebanyak 30 sumur gali. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan pemeriksaan sampel air di laboratorium untuk mengatahui kadar zat organik dan nitrit. Analisis data menggunakan uji korelasi. berdasarkan uji statistik diketahui ada korelasi antara jarak saluran pembuangan air limbah pabrik kerupuk dengan kadar zat organik dalam air sumur gali ( p value = 0,0001 ) dengan nilai r = -0,895 dan ada korelasi antara jarak saluran pembuangan limbah cair pabrik kerupuk dengan kadar nitrit dalam air sumur gali ( p value = 0,0001) dengan nilai r = -0,707. penelitian ini dapat disimpulkan ada hubungan antara jarak saluran pembuangan air limbah pabrik kerupuk dan sumur gali dengan kadar zat organik dan nitrit. Kata Kunci: jarak, kadar zat organik, kadar nitrit

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:39529
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:15 Jul 2013 10:04
Last Modified:15 Jul 2013 10:04

Repository Staff Only: item control page