STRUKTUR IKLAN DALAM BAHASA INDONESIA

Suharyo, Drs., M.Hum (2012) STRUKTUR IKLAN DALAM BAHASA INDONESIA. Lensa, Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya. Vol. 2, No. 1, Januari – Juni 2012. , 2 (1). ISSN 2086-6100

[img]Microsoft Word (Artikel)
116Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id

Abstract

Judul : Struktur Iklan Kecik , Suharyo & Fitri, S.S.(2012, 12 halaman) Pemakaian bahasa di dalam iklan kecik Suara Merdeka nyaris terabaikan bahwa itu (baca: iklan kcik) sebenarnya merupakan salah satu fenomena kebahasaan yang tidak kalah menarik dibandingkan fenomena kebahasaan lainnya. Jika selama ini dapat dikatakan luput dari perhatian barangkali karena merupakan hal yang kecik ‘kecil’. Padahal, jika ditelesik lebih jauh cukup menarik. Misal, dari tataran morfologi ditemukan struktur berupa penyingkatan, pengekalan konsonan dan vokal, seperti jl (jual, atau jalan), ist (istimewa), BU (butuh uang), cpt (cepat), PS (power steering). Kedua, dari aspek sintaksis struktur iklan kecik ini ditandai oleh pengekalan bentuk frasa, seperti mapel (mata pelajaran), ruko, di samping pemanfaatan kalimat berbagai bentuk kalimat aktif dan pasif, dan sebagainya.Ketiga, dari aspek leksikon ternyata dalam iklan kecik ini berstruktur bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, dan Betawi. Misalnya, dalam iklan ditemukankata-kata, mak nyus, anyar, cespleng; dari bahasa Indonesia dialek Betawi, seperti doang; dan dari bahasa Inggris seperti PS (power steering). Kata kunci : struktur, iklan, kecik

Item Type:Article
Subjects:A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Indonesian
ID Code:39414
Deposited By:Sastra Indonesia
Deposited On:23 May 2013 17:35
Last Modified:23 May 2013 17:35

Repository Staff Only: item control page