HUBUNGAN RIWAYAT PAJANAN PESTISIDA PADA IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WANASARI KABUPATEN BREBES

SARI , NONI KARTIKA (2013) HUBUNGAN RIWAYAT PAJANAN PESTISIDA PADA IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WANASARI KABUPATEN BREBES. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Kabupaten Brebes merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang tingkat pemakaian pestisidanya cukup tinggi, karena luasnya lahan pertanian khususnya bawang merah. Ibu hamil yang tinggal di daerah pertanian merupakan salah satu populasi yang berisiko untuk terpajan pestisida dan menderita berbagai gangguan akibat pajanan pestisida seperti anemia, disfungsi tiroid, dan gangguan reproduksi yang dapat menimbulkan abortus spontan, lahir cacat, dan berat badan lahir rendah (BBLR) pada bayi yang dikandung. Hal ini berkaitan dengan keterlibatan mereka dalam kegiatan pertanian. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara pajanan pestisida pada ibu hamil dengan kejadian berat badan lahir rendah (BBLR) di Wilayah Kerja Puskesmas Wanasari Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional dengan desain cross sectional, dengan populasi ibu hamil yang tinggal di wilayah kerja puskesmas Wanasari Kabupaten Brebes. Pengambilan sampel sebanyak 97 orang menggunakan metode alokasi proporsional. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil dari uji statistik menunjukkan ada hubungan antara: keterlibatan ibu hamil dalam kegiatan pertanian (p=0,019), keberadaan bawang merah dalam rumah (p=0,029), keberadaan pestisida dalam rumah (p=0,044), dan alat pelindung diri (p=0,044) dengan kejadian berat badan lahir rendah (BBLR). Tidak ada hubungan antara lama kerja (0,473), masa kerja (0,074), dan personal hygiene (0,118) dengan kejadian berat badan lahir rendah (BBLR). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa riwayat pajanan pestisida yang berhubungan dengan kejadian berat badan lahir rendah adalah keterlibatan ibu hamil dalam kegiatan pertanian, keberadaan bawang merah dalam rumah, keberadaan pestisida dalam rumah, dan kelengkapan alat pelindung diri. Kata Kunci: Pajanan pestisida, ibu hamil, kejadian berat badan lahir rendah (BBLR)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:39407
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 May 2013 10:58
Last Modified:23 May 2013 10:58

Repository Staff Only: item control page