EFEKTIVITAS ZEOLIT DAN KARBON AKTIF MELALUI METODE PENYARINGAN UP FLOW DALAM MENURUNKAN KADAR MERKURI PADA AIR LIMBAH PERTAMBANGAN EMAS TRADISIONAL (STUDI KASUS DI DESA JENDI KECAMATAN SELOGIRI KABUPATEN WONOGIRI, JAWA TENGAH)

ZULHIKMAN, MELDY (2013) EFEKTIVITAS ZEOLIT DAN KARBON AKTIF MELALUI METODE PENYARINGAN UP FLOW DALAM MENURUNKAN KADAR MERKURI PADA AIR LIMBAH PERTAMBANGAN EMAS TRADISIONAL (STUDI KASUS DI DESA JENDI KECAMATAN SELOGIRI KABUPATEN WONOGIRI, JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Limbah cair merupakan salah satu limbah yang dihasilkan oleh pertambangan emas tradisional yang mengandung merkuri, yang keberadaannya bisa menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan. Zeolit dan karbon aktif merupakan adsorben yang mampu menghilangkan logam dalam limbah cair. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan efektivitas zeolit dan karbon aktif melalui metode penyaringan up flow dalam menurunkan kadar merkuri (Hg) pada air limbah pertambangan emas tradisional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya denganrancangan penelitian The Pretest-Posttest Control Group. Analisis data menggunakan Kruskall-Wallis menunjukkan ada perbedaan penurunan kadar merkuri antara adsorben karbon aktif, zeolit dan campuran zeolit dengan karbon aktif. Hasil penelitian menunjukan ada penurunan kadar merkuri. Kadar merkuri pada pre-test sebesar 4,1243 mg/L (ambang batas Perda Jateng No. 10 Tahun 2004 yaitu 0,002 mg/L) dan kontrol 3,897 mg/L. Besarnya pengaruh dan penurunan kadar merkuri dengan perlakuan media filter karbon aktif, zeolit dan campuran zeolit dengan karbon aktif dengan jumlah sampel 36, pengulangan sebanyak 9 kali dan diberi 3 perlakuan jenis media filter, karbon aktif, zeolit campuran zeolit dengan karbon aktif sebesar 99,82% dan 0,0070 mg/L; 99,88% dan 0,0047 mg/L; 99,97% dan 0,0010 mg/L. Dapat disimpulkan, ada perbedaan sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan adsorben karbon aktif, zeolit dan campuran zeolit dengan karbon aktif dalam menurunkan kadar merkuri pada air limbah pertambangan emas tradisional di Desa Jendi Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Adsorben campuran zeolit dengan karbon aktif lebih efektif dibandingkan adsorben yang lain karena mampu menurunkan kadar merkuri sampai dibawah baku mutu lingkungan Perda Jateng No. 10 Tahun 2004. Kata Kunci: Karbon aktif, zeolit, penurunan kadar merkuri

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:39406
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 May 2013 10:54
Last Modified:23 May 2013 10:54

Repository Staff Only: item control page