Kebudayaan, Media, dan Kekuasaan.

Agus Maladi Irianto, Dr. M.A. (2008) Kebudayaan, Media, dan Kekuasaan. In: Disampaikan pada Seminar Nasional “Kebangkitan Nasional & Kebangkitan Pers Indonesia” pada 4 Juni 2008 diselenggarakan oleh PWI Cab. Jawa Tengah, Semarang..

[img]Microsoft Word (Disampaikan pada Seminar Nasional “Kebangkitan Nasional & Kebangkitan Pers Indonesia” pada 4 Juni 2008 diselenggarakan oleh PWI Cab. Jawa Tengah, Semarang)
21Kb

Abstract

PERUBAHAN cepat dalam teknologi informasi saat ini telah mengubah kebudayaan sebagian besar masyarakat dunia, terutama yang tinggal di perkotaan. Masyarakat di seluruh dunia telah mampu melakukan transaksi ekonomi dan memperoleh informasi dalam waktu singkat berkat teknologi satelit dan komputer. Kini pun kita masuk dalam ikatan kebudayaan global. Corak kebudayaan global telah memerdekakan dan membebaskan manusia. Perubahan kebudayaan lokal dan sosial akibat revolusi informasi ini tidak dapat dielakkan. Masyarakat perkotaan yang memiliki akses terhadap informasi merupakan kelompok masyarakat yang langsung terkena pengaruh kebudayaan global. Akses informasi dapat diperoleh melalui media massa cetak maupun elektronik, internet, dan telepon. Masyarakat perkotaan dipengaruhi terutama melalui reproduksi narasi yang dilakukan oleh media massa.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Indonesian
ID Code:39361
Deposited By:Sastra Indonesia
Deposited On:20 May 2013 12:52
Last Modified:20 May 2013 12:52

Repository Staff Only: item control page