ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BAYI BERAT LAHIR RENDAH DENGAN MODEL REGRESI LOGISTIK BINER MENGGUNAKAN METODE BAYES (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SEMARANG)

Nadhifah, Laily and Yasin, Hasbi and Sugito, Sugito (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BAYI BERAT LAHIR RENDAH DENGAN MODEL REGRESI LOGISTIK BINER MENGGUNAKAN METODE BAYES (STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SEMARANG). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer Universitas Diponegoro . pp. 93-99. ISSN ISBN: 978-979-756-843-6

[img]
Preview
PDF
2713Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kejadian bayi berat lahir rendah (BBLR) di RSUD Kota Semarang periode Juli-Desember 2011 . Seiring dengan target Millenium Development Goals yang bertujuan menurunkan angka kematian anak, maka perlu dikaji faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kejadian bayi lahir dengan kategori BBLR. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan metode Regresi Logistik Biner menggunakan metode bayesian. Metode Bayesian merupakan salah satu metode estimasi parameter yang memanfaatkan nilai prior sebagai pengetahuan awal. Dari penelitian yang dilakukan faktor umur dan kadar hemoglobin ibu mempengaruhi kelahiran dengan BBLR. Dari hasil analisis tersebut disarankan agar calon ibu hamil memperhatikan umur yang tidak terlalu muda ketika hamil dan menjaga kadar hemoglobin agar tidak terlalu rendah pada saat hamil.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:Regresi Logistik biner, Metode bayesian, BBLR
Subjects:H Social Sciences > HA Statistics
ID Code:39353
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:20 May 2013 09:01
Last Modified:04 Mar 2014 11:37

Repository Staff Only: item control page