Kekerasan Simbolik dalam Pendidikan.

Suharyo, Drs., M.Hum (2012) Kekerasan Simbolik dalam Pendidikan. Nusa, 2 (-). pp. 10-23. ISSN 0216-535X

[img]Microsoft Word (-)
109Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id

Abstract

Bahasa di samping mengemban fungsi utamanya sebagai alat komunikasi sekaligus sebagai penanda dan pembeda ciri kemanusiaan, ternyata juga sebagai alat kekuasaan. Sebagai alat kekuasaan, bahasa (dalam penggunaannya) tidak hanya sebagai wahana interaksi, tetapi juga agar seseorang dapat dihormati, dipercaya, dipatuhi, dibedakan (dengan yang lainnya). Dalam praktiknya, “perebutan” kekuasaan di arena KBM tersebut tidak jarang menggunakan kekerasan simbolik. Hasil penelitian ternyata menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, terjadi praktik penggunaan kekuasan dalam interaksi guru-murid. Para guru –disadari atau tidak—ketika mengajar memraktikkan kekuasaan apakah itu kekuasaan paksaan, absah, hadiah, kepakaran, ataupun acuan sebagaimana dikemukakan Lee (2002); Frech dan Refen (via Jumadi, 2005). Dalam wujudnya, praktik penerapan kekerasan simbolik untuk mempertahankan kekuasaannya terlihat pada aspek bentuknya, strategi, dan fungsinya. Dari aspek bentuk, representasi kekuasaan tampak pada penggunaan (a) kalimat perintah, (b) larangan, (c) permintaan, (d) persilaan, (e) saran, dan (f) interogatif. Dari aspek strategi, para guru menggunakan (a) penguasaan topik, (b) interupsi, (c) marah, (d) memberikan pertanyaan yang sulit, (e) mengendalikan tuturan, (f) ancaman, dan (g) nonverbal (misalnya: sikap diam, sinar mata yang tajam); sedangkan dari aspek fungsi, refleksi kekuasaannya berfungsi untuk (a) menguasai/mengendalikan siswa, (b) memaksa, (c) agar dipercaya, (d) agar dihormati, dan (e) agar dibedakan/agar berbeda dengan orang lain. Kata Kunci: kekerasan, simbolik, pendidikan

Item Type:Article
Subjects:A General Works > AI Indexes (General)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Indonesian
ID Code:39339
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 May 2013 17:23
Last Modified:15 May 2013 17:23

Repository Staff Only: item control page