PROSES KULTIVASI Spirulina platensis MENGGUNAKAN POME (Palm Oil Mill Effluent) SEBAGAI MEDIA KULTUR DALAM RACEWAY OPEN POND BIOREACTOR

Elisa, Mutiah and Erlinda, Khoirunisa and A, Abdullah (2013) PROSES KULTIVASI Spirulina platensis MENGGUNAKAN POME (Palm Oil Mill Effluent) SEBAGAI MEDIA KULTUR DALAM RACEWAY OPEN POND BIOREACTOR. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, 2 (2). pp. 192-197.

[img]
Preview
PDF - Published Version
170Kb

Official URL: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jtki/arti...

Abstract

Penelitian dilakukan dengan mengkultivasi Spirulina platensis pada media POME menggunakan raceway open pond bioreactor selama 5 hari. Penelitian dengan variabel konsentrasi POME (pengenceran 3×, 4×, 5×) dan kepadatan umpan Spirulina platensis (0.443 g/L; 0.618 g/L; 0.952 g/L) ini, bertujuan untuk mempelajari pengaruh variabel tersebut terhadap pertumbuhan Spirulina platensis dan mengetahui perpaduan yang paling baik untuk kedua variabel yang dipelajari. Respon yang diambil adalah biomassa kering dari Spirulina platensis. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa untuk konsentrasi POME dengan pengenceran 5× memberikan biomassa kering Spirulina platensis paling baik yaitu mencapai 0.7592 g/L. Sedangkan pada kepadatan umpan Spirulina platensis yang memberikan biomassa kering paling baik mencapai 0.9932 g/L adalah kepadatan umpan 0.443 g/L. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan biomassa paling baik dari Spirulina platensis, digunakan konsentrasi POME dengan pengenceran 5× menggunakan umpan Spirulina platensis pada kepadatan 0.443 g/L. Dari penelitian ini, diharapkan dilakukan penelitian lanjutan untuk waktu kultivasi yang lebih lama sehingga dapat menjadi kontribusi bagi upaya budidaya Spirulina plantesis untuk dimanfaatkan dalam bahan makanan, pakan, kecantikan, dan kesehatan.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:Spirulina platensis, POME, kultivasi, biomassa kering.
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
ID Code:39316
Deposited By:teknik kimia
Deposited On:15 May 2013 08:33
Last Modified:15 May 2013 08:33

Repository Staff Only: item control page