PERSEPSI TENAGA KERJA INDONESIA TERHADAP PILIHAN KERJA DI LUAR NEGERI STUDI DISKRIPTIF CALON TENAGA KERJA INDONESIA DI BLKLN PROPINSI JAWA TENGAH

Suparno, Suparno and Endah H, Darosy and Nurtjahjanti, Harlina (2017) PERSEPSI TENAGA KERJA INDONESIA TERHADAP PILIHAN KERJA DI LUAR NEGERI STUDI DISKRIPTIF CALON TENAGA KERJA INDONESIA DI BLKLN PROPINSI JAWA TENGAH. Perpustakaan Psikologi .

[img]
Preview
PDF
231Kb

Abstract

Adanya jumlah pengangguran akan meningkat, karena masyarakat tidak mampu untuk membuat usaha sebab oleh terbentur modal, ketrampilan, dan terbatas akses pasar. Sementara itu peluang kerja juga terbatas. Itulah sebabnya sejumlah masyarakat memilih menjadi TKI sebagai solusi praktis atas masalah ekonomi yang mendera keluarganya dan untuk mendapatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai persepsi tenaga kerja Indonesia (CTKI) di BLKLN Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian didapatkan hasil bahwa CTKI lebih memilih bekerja di luar negeri dengan alasan mencari pengalaman baru, menghidupi keluarga di Indonesia dan di luar negeri mendapat gaji lebih besar (tinggi). Mereka sebenarnya merasa berat untuk meninggalkan keluarga (sebagian besar telah menikah), ditambah lagi takut rnenjadi korban kekerasan maupun pelecehan majikan, tidak punya ketrampilan yang cukup, dan tidak tahu mau apa di sana. Sementara kondisi perasaan CTKI bisa dikatakan sebagian besar merasakan bahagia dan tenang karena dapat melupakan masalah keluarga, mencari nafkah, pelarian masalah cerai (suami istri) dan membiayai sekolah anak.

Item Type:Article
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:39312
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Nov 2014 11:08
Last Modified:10 Apr 2017 08:51

Repository Staff Only: item control page