Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat dalam Upaya Konservasi Daerah Aliran Sungai (Studi Kasus Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang)

Fransisca, Emilia (2013) Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat dalam Upaya Konservasi Daerah Aliran Sungai (Studi Kasus Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang). Masters thesis, Program Magister Ilmu Lingkungan Undip.

[img]
Preview
PDF
5Mb

Abstract

ABSTRAK Kegagalan pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) terutama dipicu oleh model pengelolaan konvensional yang bersifat top down dan sentralistik. Kegagalan tersebut mendorong munculnya paradigma baru pengelolaan sumber daya alam partisipatif melalui community based natural resources management (CBNRM) pada tingkat desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi/aktivitas pengelolaan dan menganalisis aspek-aspek CBNRM di Desa Keseneng, serta menyusun model implementasi CBNRM dalam mendukung konservasi DAS. Data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap masyarakat desa, Pemkab Semarang, dan LSM Komunitas Salunding. Analisis data dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunju an bahwa keempat aktivitas pengelolaan dilakukan dengan baik secara partisipatif oleh masyarakat desa sendiri sedangkan Pemkab Semarang dan LSM Komunitas Salunding berperan sebagai fasilitator. Adapun pada aspek CBNRM menunju an keberhasilan pada lima aspek, yaitu Equity (keadilan), empowerment (pemberdayaan), conflict resolution (resolusi konflik), knowledge and awareness (pengetahuan dan kesadaran), dan biodiversity protection (perlindungan keanekaragaman hayati). Sedangkan pada aspek sustainable utilization (pemanfaatan berkelanjutan) belum menunju an keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, rekomendasi yang disampaikan adalah perlu adanya dukungan dari pengambil kebijakan terhadap inisiatif-inisiatif pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat, perlu dilakukan replikasi model konseptual CBNRM untuk mendukung konservasi DAS, dan Desa Keseneng perlu bekerjasama dengan desa-desa tetangga untuk mendukung keberhasilan keenam aspek CBNRM. Kata kunci: pengelolaan, sumber daya alam, CBNRM, DAS. xiv

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Environmental Science
ID Code:39279
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:10 May 2013 14:27
Last Modified:10 May 2013 14:27

Repository Staff Only: item control page