APLIKASI DIAGNOSA GEJALA DEMAM PADA BALITA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (CF) DAN JARINGAN SYARAF TIRUAN (JST). (Studi Kasus : RS. Umum Abdul Wahab Syahranie)

Septya, Maharani (2013) APLIKASI DIAGNOSA GEJALA DEMAM PADA BALITA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (CF) DAN JARINGAN SYARAF TIRUAN (JST). (Studi Kasus : RS. Umum Abdul Wahab Syahranie). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1173Kb

Official URL: http://www.msi.undip.ac.id

Abstract

Gejala demam terhadap balita memiliki dampak buruk apabila terlambat mendapatkan penanganan yang kurang tepat, untuk memudahkan para orang tua mendeteksi jenis penyakit yang diderita, untuk itu perlu dibangun sebuah aplikasi sistem pakar deteksi penyakit gejala demam pada anak untuk mendapatkan deteksi awal penyakit. Basis pengetahuan diimplementasikan sebagai dasar aplikasi sistem pakar dengan menggunakan kombinasi metode faktor kepastian (certainty factor) dan JST (jaringan Syaraf Tiruan). Penelitian ini merupakan Kombinasi Metode CF sebagai rule dan hasil CF tersebut akan membentuk pola JST yang merupakan penggabungan nilai parameter klinis yang menunjukkan besarnya kepercayaan Sebagai basis pengetahuan diagnosa 10 penyakit demam pada anak dengan 40 gejala, Sistem ini menggunakan sebanyak 40 gejala sebagai data pelatihan dengan rekam medic dari 30 pasien. Dari hasil pengujian tersebut, aplikasi telah menyimpulkan tingkat keakuratan sebesar 86,67 %.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Information System
ID Code:39246
Deposited By:Mr Musa MSI
Deposited On:08 May 2013 10:51
Last Modified:08 May 2013 10:51

Repository Staff Only: item control page