SISTEM APLIKASI PENYELESAIAN MASALAH PROGRAM LINIER STANDAR MAKSIMAL BERBASIS WEB DENGAN KELUARAN SESUAI PRODUK KEMASAN TERKECIL

Putut, Sri Wasito (2013) SISTEM APLIKASI PENYELESAIAN MASALAH PROGRAM LINIER STANDAR MAKSIMAL BERBASIS WEB DENGAN KELUARAN SESUAI PRODUK KEMASAN TERKECIL. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
681Kb

Official URL: http://www.msi.undip.ac.id

Abstract

Perorangan atau koperasi selaku produsen yang memproduksi lebih dari satu produk selalu memiliki masalah untuk menentukan jumlah masing-masing produk, serta kemasan terkecil yang digunakan sehingga menghasilkan pendapatan maksimal tetapi masih memenuhi persediaan sarana yang ada. Jika fungsi persediaan sarana dan fungsi pendapatan berbentuk linier maka masalah ini dinamakan program linier kasus maksimal, apabila semua persediaan sarana terbatas maka dinamakan program linier standar maksimal. Walau telah tersedia sistem yang menyelesaikan masalah program linier tetapi sistem tersebut hanya dimiliki oleh kalangan terbatas, sistem ini juga tidak menyediakan pilihan kemasan terkecil. Secara umum masalah program linier diselesaikan dengan metode simplex dengan hasil keluaran sebarang bilangan riil dengan format desimal maupun pecahan campuran. Penyelesaian ini tidak operasional karena produsen tidak selalu dapat membuat kemasan produk terkecil sesuai dengan satuan pada penyelesaian, agar menjadi operasional, hasil penyelesaian ini dapat dibulatkan sesuai kemasan terkecil yang dipilih. Sedang masalah keterbatasan produsen yang memiliki sistem aplikasi program linier dapat diatasi dengan menyediakan sistem aplikasi sejenis yang berbasis web. Penelitian ini menyusun sistem aplikasi berbasis web untuk menyelesaikan masalah program linier standar maksimal yang menghasilkan pendapatan maksimal yaitu menggunakan perangkat lunak PHP, data dimasukkan lewat form kemudian diambil dengan metode POST, selanjutnya dibentuk matriks, dilakukan iterasi dengan melakukan operasi antar baris pada matriks sehingga dipenuhi kriteria optimal. Dengan memilih kemasan terkecil yang digunakan yaitu 0,25 satuan atau 0,50 satuan, sistem akan memeriksa jumlah produk yang akan mengalami pembulatan sesuai dengan kemasan terkecil yang dipilih, selanjutnya sistem akan menyusun dan menyajikan laporan persediaan dan pendapatan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Information System
ID Code:39243
Deposited By:Mr Musa MSI
Deposited On:08 May 2013 10:44
Last Modified:08 May 2013 10:45

Repository Staff Only: item control page