PENGARUH METODE PROMOSI PEMBERIAN CINDERAMATA DAN DOORPRIZE BAGI PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG.

Zulaekah, Zulaekah (2009) PENGARUH METODE PROMOSI PEMBERIAN CINDERAMATA DAN DOORPRIZE BAGI PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, FIB.

[img]HTML
253Kb
[img]Microsoft Word
253Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/ilpus

Abstract

Skripsi ini berjudul ”Pengaruh Metode Promosi Pemberian Cinderamata dan Doorprize Bagi Pengunjung Perpustakaan Terhadap Minat Berkunjung Di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan sebagai akibat penerapan metode promosi tersebut. Populasi dalam penelitian meliputi seluruh pengunjung SLTA, mahasiswa dan masyarakat umum di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang yang berjumlah rata-rata 110 orang per hari. Sampel penelitian adalah 45 % dari populasi atau sejumlah 50 orang. Guna mengukur tingkat efektifitas strategi, perencanaan dan pelaksanaan metode promosi yang diteliti, penulis menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara yang didasarkan pada konsep AIDA (attention, interest, desire dan action). Konsep AIDA ini penulis jabarkan ke dalam beberapa indikator. Hasil penelitian yang diperoleh adalah frekuensi kunjungan pengguna ke Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang cukup tinggi. Pengguna yang berkunjung ke perpustakaan setiap 1 - 2 hari sekali sebanyak 54 %, setiap 3 – 4 hari sekali sebanyak 68 % dan setiap 1 minggu sekali sebanyak 64 %. Tujuan kunjungan ke perpustakaan beragam, yaitu untuk meminjam buku-buku non fiksi, fiksi, rekreasi, membaca di tempat saja, mengerjakan tugas sekolah / kuliah dan keperluan lainnya. Kualitas kegiatan promosi ini perlu ditingkatkan, terutama peningkatan penyebaran informasi kepada sasaran yang diharapkan, sebelum kegiatan dilaksanakan. Frekuensi pelaksanaan kegiatan promosi sudah baik, mencapai 70 %. Pelaksanaan kegiatan promosi ini cukup sesuai dengan keinginan pengguna, dengan tingkat kepuasannya mencapai 88 %. Pelaksanaan kegiatan promosi melalui pemberian cinderamata dan doorprize kepada pengunjung perpustakaan ini, dapat mendukung prosentase kenaikan jumlah kunjungan. Kesepakatan pengguna bahwa metode promosi ini efektif untuk menarik minat mereka berkunjung ke perpustakaan mencapai 90 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode promosi pemberian cinderamata dan doorprize di Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang, efektif dalam menarik minat berkunjung ke perpustakaan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:promosi perpustakaan, cinderamata dan doorprize, pengguna perpustakaan, minat kunjung perpustakaan, Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang.
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:3923
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jan 2010 14:18
Last Modified:15 Jan 2010 14:18

Repository Staff Only: item control page