SISTEM INFORMASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGAJUAN KREDIT DENGAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR (STUDI KASUS: KOPERASI SIMPAN PINJAM)

Emerensye, Sofia (2013) SISTEM INFORMASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGAJUAN KREDIT DENGAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR (STUDI KASUS: KOPERASI SIMPAN PINJAM). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
764Kb

Official URL: http://www.msi.undip.ac.id

Abstract

Berdasarkan data dari dinas koperasi dan UMKM propinsi jawa tengah, koperasi menjadi penyangga kekuatan ekonomi sebesar 59% dengan total omset mencapai 25 trilyun pertahun. 20% diantara jumlah koperasi tersebut mengalami kegagalan usaha, kegagalan usaha paling besar dialami oleh koperasi yang bergerak dalam usaha koperasi jasa keuangan. Salah satu faktor kegagalan usaha ini dipengaruhi oleh penilaian kemampuan debitur yang kurang akurat, sehingga mengakibatkan kesalahan dalam memberikan kredit yang berujung pada kemacetan. penelitian ini menggunakan teknik data mining untuk menilai kemampuan nasabah berdasarkan data-data masa lalu. Dengan menggunakan tahapan data mining dihasilkan sejumlah 3.018 data nasabah yang dikategorikan dalam 3 kategori kredit, macet, tersendat dan lancar. Hasil filtrasi data tersebut diuji tingkat errornya menggunakan teknik cross validation dengan 20 fold dan 10 nilai k. Hasil pengujian menunjukkan persentase tingkat error data pada angka kurang dari 3.7% dan mencapai kestabilan data pada nilai k=3 sampai k=11. Berdasarkan kesimpulan tersebut dibuat aplikasi pendukung keputusan untuk menentukan tingkat kemampuan pengembalian nasabah dengan menggunakan algorithma k-nearest neighbor dengan nilai k=7. Kata kunci : kredit, koperasi,data mining, k-nearest neighbour, cross validation, fold, k

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Information System
ID Code:39222
Deposited By:Mr Musa MSI
Deposited On:07 May 2013 18:56
Last Modified:07 May 2013 18:56

Repository Staff Only: item control page