STUDI IMPLEMENTASI FRAMEWORK FOR APPLICATIONS OF SYSTEMS THINKING(FAST) UNTUK PERINGATAN DINI SANKSI AKADEMIK MAHASISWA POLITEKNIK MENGGUNAKAN SMS (Studi Kasus Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung)

Eko, Subyantoro (2013) STUDI IMPLEMENTASI FRAMEWORK FOR APPLICATIONS OF SYSTEMS THINKING(FAST) UNTUK PERINGATAN DINI SANKSI AKADEMIK MAHASISWA POLITEKNIK MENGGUNAKAN SMS (Studi Kasus Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
851Kb

Official URL: http://www.msi.undip.ac.id

Abstract

Kedisiplinan mahasiswa politenik merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan dan faktor yang menentukan mahasiswa dapat melanjutkan studi pada semester berikutnya atau tidak (drop out). Sistem informasi peringatan dini sanksi akademik dapat membantu mahasiswa dan dosen wali untuk mengontrol dan memonitor nilai kedisiplinan sehingga mencegah pelanggaran-pelanggaran akademik yang berlebihan sampai dikeluarkan sanksi akademik. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan Framework for Application of System Thinking (FAST) yang cukup fleksibel untuk menyelesaikan berbagai tipe proyek dan strategi. Fast sangat membantu menganalisa masalah-masalah yang ada serta dalam melakukan perancangan sistem. FAST memiliki delapan tahapan, dimana lima tahapan pertama merupakan tahapan analisis sistem dan tiga tahapan selanjutnya merupakan tahapan desain. Sistem informasi yang baik harus didukung sarana untuk menyebarkan informasi secara cepat dan tepat, untuk memenuhinya maka digunakan SMS sebagai media penerus informasi dari sistem ke pengguna. Sistem telah diujicoba dengan data kedisiplinan mahasiswa Politeknik Negeri Lampung. Hasil yang didapatkan sistem dapat memberikan peringatan kepada mahasiswa sebelum dikeluarkan sanksi akademik. Kata kunci: Sanksi, kedisiplinan, politeknik, sistem peringatan dini, sms, Framework for Application of System Thinking (FAST).

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Information System
ID Code:39221
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 May 2013 18:56
Last Modified:07 May 2013 18:56

Repository Staff Only: item control page