HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN KONSUMEN DENGAN KESADARAN MEREK PRODUK SHAMPO X PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Nurtjahjanti, Harlina (2012) HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN KONSUMEN DENGAN KESADARAN MEREK PRODUK SHAMPO X PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN KONSUMEN DENGAN KESADARAN MEREK PRODUK SHAMPO X PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG, 11 (2).

[img]
Preview
PDF
96Kb

Abstract

Suatu brand harus melekat dalam benak konsumen agar mudah melakukan recall saat konsumen melakukan pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk. Hal tersebut terkait dengan kesadaran merek yang dimiliki konsumen. Kesadaran merek adalah kemampuan pembeli dalam mengenal suatu merek secara cukup detil dalam suatu kategori tertentu sehingga memudahkannya membeli. Dalam hal ini peran proses penyimpanan informasi ke dalam ingatan menjadi penting dan salah satu faktor yang mempengaruhi pemrosesan informasi adalah tingkat keterlibatan konsumen (consumer involvement). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada hubungan antara keterlibatan konsumen dengan kesadaran terhadap merek produk shampo x. Subjek penelitian ini adalah 40 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik cluster sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kesadaran merek dan keterlibatan konsumen. Data yang didapatkan berdasarkan analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar atau rxy = 0634 dan p=0,000 (p<0,01). Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara keterlibatan konsumen dengan kesadaran merek produk shampo x. Keterlibatan konsumen memberikan sumbangan efektif sebesar 40,2% terhadap kesadaran merek produk shampo x. Angka tersebut menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek produk x dapat dijelaskan oleh keterlibatan konsumen sebesar 40,2%. Sisanya sebesar 59,8% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kesadaran Merek, Keterlibatan Konsumen dan Produk Shampo X

Item Type:Article
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:39158
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 May 2013 20:24
Last Modified:02 May 2013 20:24

Repository Staff Only: item control page