PENENTUAN FAKTOR PRIORITAS MAHASISWA DALAM MEMILIH TELEPON SELULER MERK BLACKBERRY DENGAN FUZZY AHP

Shega, Hanien Nia H and Rahmawati, Rita and Yasin, Hasbi (2012) PENENTUAN FAKTOR PRIORITAS MAHASISWA DALAM MEMILIH TELEPON SELULER MERK BLACKBERRY DENGAN FUZZY AHP. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer Universitas Diponegoro . pp. 85-92. ISSN 978-979-756-843-6

[img]
Preview
PDF
419Kb

Official URL: http://stat.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor prioritas mahasiswa Universitas Diponegoro dalam memilih telepon selular merk BlackBerry. Konsumen atau pembeli seringkali bingung dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk karena banyaknya faktor yang mempengaruhi pilihan-pilihan yang ada. Dari metode Analytic Hierarchy Process (AHP) didapatkan ketidakpastian penilaian yang terlalu subjektif untuk data kualitatif. Permasalahan di atas dapat diselesaikan dengan metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) yang menggunakan penilaian dalam interval sehingga data yang kualitatif dapat memberikan penilaian yang lebih objektif. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah kriteria kualitas, harga, desain, dan pelayanan. Data diambil dengan menyebar kuesioner. Dari hasil jawaban responden dilakukan penghitungan konsistensi rasio (CR). Jika CR<0.10 artinya jawaban responden konsisten, dapat digunakan untuk perhitungan Fuzzy AHP. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan, kualitas menjadi prioritas utama dengan bobot prioritas 0.278, kemudian pelayanan dengan bobot prioritas 0.254, desain dengan bobot prioritas 0.240, dan harga dengan bobot prioritas 0.228.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP), Konsistensi Rasio, Bobot Prioritas
Subjects:H Social Sciences > HA Statistics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:39120
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Apr 2013 12:03
Last Modified:04 Mar 2014 11:20

Repository Staff Only: item control page