PHONOLOGICAL ERRORS OF ADULT LEARNING ENGLISH A Case Study of 2nd Semester Students in English Department, UNDIP

Wulandari , Dwi (2004) PHONOLOGICAL ERRORS OF ADULT LEARNING ENGLISH A Case Study of 2nd Semester Students in English Department, UNDIP. Kajian Sastra (1). pp. 29-37. ISSN 0852 0704

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf) - Published Version
5Kb

Abstract

Analisis kesalahan bunyi pada pembelajar bahasa Inggris dilakukan dengan fokus pada bunyi tertentu yang dianggap sebagai negative transfer yaitu bunyi /θ/,/ð/,/3/, beda /z/ dari /s/ dan /v/ dari /f/, consonant cluster, vokal/diftong dan juga suprasegmental features untuk mengetahui apakah bunyi-bunyi tersebut menyebabkan kesulitan sehingga terjadi kesalahan. Dari 35 sample mahasiswa semester 2 jurusan Inggris UNDIP diketahui bahwa kesalahan bunyi terjadi pada bunyi tertentu tersebut, dan cluster akhir kata serta vokal/diftong yang jika terdapat pada kata-kata yang kurang dikenal akan cenderung digeneralisasikan. Stress pada kata kerja dan kata benda juga mengalami banyak kesalahan. Pemberian tanda tanya dan kataa tanya dijadikan patokan untuk menaikkan intonasi dan bukan pada struktur kalimatnya.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords:kesalahan, bunyi bahasa, konsonan, vokal, stress, intonasi.
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:3900
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Jan 2010 11:23
Last Modified:15 Jan 2010 11:23

Repository Staff Only: item control page