ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLAR AMERIKA (USD) PADA PERIODE SISTEM KURS MENGAMBANG BEBAS

MALAU, Natalia Artha (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLAR AMERIKA (USD) PADA PERIODE SISTEM KURS MENGAMBANG BEBAS. Masters thesis, Program Pascasarjana Undip.

[img]Microsoft Word
Restricted to Repository staff only

934Kb

Abstract

Nilai tukar mata uang merupakan salah satu variabel ekonomi makro yang sangat penting, karena pergerakan nilai tukar mata uang dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi. Sejak penerapan sistem kurs mengambang bebas pada 14 agustus 1997, nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dolar Amerika (USD) terdepresiasi sebesar 129,36 % dari Rp 3.989 perdolar Amerika (USD) kuartal keempat tahun 1997 menjadi Rp 9.150 perdolar Amerika (USD) pada kuartal pertama tahun 1998. Bahkan depresiasi Rupiah masih saja berlanjut hingga saat ini berkisar pada Rp 9.000 perdolar Amerika (USD). Pergerakan Rupiah ini dipengaruhi oleh banyak faktor, yang nantinya juga akan turut mempengaruhi perekonomian. Model yang digunakan dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika (USD), yaitu model koreksi kesalahan atau error correction model (ECM). Dalam jangka pendek, hasil menunjukkan bahwa semua variabel independent yaitu tingkat inflasi relatif (I), tingkat bunga relatif (R), Jumlah Uang Beredar relatif (JUB) dan Cadangan devisa memiliki kesesuaian tanda dengan variabel pendapatan nasional relatif (Y) dan jumlah uang beredar relatif yang tidak signifikan. Dalam jangka panjang, variabel tingkat inflasi relatif dan cadangan devisa Indonesia berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika (USD). Penelitian hanya difokuskan pada sistem kurs mengambang bebas dengan faktor fundamental ekonomi sebagai variabel independen relatif dalam menjelaskan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika (USD). Pada kenyataannya, faktor non fundamental ekonomi juga mempengaruhi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika (USD), tetapi tidak menjadi fokus dalam penelitian. Penelitian ini perlu dilanjutkan dengan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika (USD) dengan menggunakan variabel lainnya yang relevan dengan perkembangan teori kurs. Penelitian ini juga perlu dilanjutkan dengan menganalisis nilai tukar Rupiah terhadap mata uang hard currency di dunia. Kata Kunci: nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika (USD), depresiasi, apresiasi, tingkat inflasi relatif, tingkat bunga relatif, pendapatan nasional relatif, jumlah uang beredar relatif, dan cadangan devisa Indonesia.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Economics and Development Studies
ID Code:38982
Deposited By:Mrs Ekana Perpus Pasca
Deposited On:16 Apr 2013 15:22
Last Modified:16 Apr 2013 15:22

Repository Staff Only: item control page