ANALlSIS PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAH DAN INDEKS SAHAM DOW JONES INDUSTRIAL AVERAGE TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BEJ

MUHARAM, Harjum (2008) ANALlSIS PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAH DAN INDEKS SAHAM DOW JONES INDUSTRIAL AVERAGE TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BEJ. Jurnal Maksi , 8 (1). pp. 24-42.

[img]
Preview
PDF - Published Version
9Mb

Abstract

Naik turunnya harga saham yang diperjualbelikan di Bursa Efek Jakarta dapat dilihat dari fluktuasi IHSG sehingga dapat diketahui apakah pasar dalam keadaan bullish (kuat) atau bearish (Iemah). Adanya inkonsistensi dari penelitian-penelitian terdahulu mengenai IHSGyang menimbulkan kesenjangan penelitian (research gap) serta adanya kejanggalan trend yang terjadi pada bulan Januari 2005 sampai dengan Desember 2006 tidak sesuai dengan hubungan teoritis variabel, yaitu meskipun nilai tukar rupiah terhadap US$ cenderung fluktuatif a taupun stabil, nilsi indeks saham DJIA dan nilai IHSGrelatit stabil dengan trend yang terus meningkat, sehingga menimbulkan pokok masalah apakah pada Januari 2005 sampai dengan Desember 2006 nilai tukar rupiah (fOR) dan indeks saham Dow Jones Industrial Average (DJIA)berpengaruh secara signifikan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEJ. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tersebut. Populasi penelitian adalah seluruh data nilai tukar rupiah terhadap US$ (!OR), data DJIA dan data IHSG sejak data-data tersebut ada sampai sekarang (historical prices). Sampel yang diambil adalah data-data periode Januari 2005 sampai dengan Desember 2006. Data penelitian yang digunakan merupakan data sekunder yang dipublikasikan oleh BEJ, reuters, dan Yahoo Finance, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis Regresi Linier Berganda (Linear Multiple Regression), dengan metode kuadrat terkecil (ordinary leas square). Sebelum melakukan analisis regresi data-data penelitian sudah lolos berbagai uji prasyarat (uji asumsi klasik), antara lain uji normalitas data, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai tukar rupiah (fOR) berpengaruh negatit terhadap IHSG di BEJ, sedangkan indeks saham Dow Jones Industrial Average (DJIA) berpengaruh positif. Secaraparsial maupun simultan, kedua variabel bebas, !OR dan DJIA berpengaruh terhadap IHSG. Besarnya kemampuan menjelaskan perubahan variabel !OR dan DJIA terhadap IHSG di BEJ sebeser 33.5%, sedangkan sisanya sebesar 66.5% dipengaruhi oleh taktor lain di luar!OR dan DJIA. Oleh karena itu disarankan bagi investor untuk mempertimbangkan perubahan !OR dan DJIA sebelum berinvestasi. Untukpenelitian selanjutnya diharapkan untuk memperhitungkan dan menambah variabel bebas lainnya yang secara teoritis dianggap mempunyai pengaruh terhadap IHSG di Bursa Etek Jakarta.

Item Type:Article
Additional Information:IDR, DJIA, IHSG.
Uncontrolled Keywords:IDR, DJIA, IHSG.
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Management
ID Code:38909
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:09 Apr 2013 10:52
Last Modified:09 Apr 2013 10:52

Repository Staff Only: item control page