HUBUNGAN PERILAKU PENGGUNAAN INSEKTISIDA RUMAH TANGGA DENGAN KEBERADAAN JENTIK DI DAERAH ENDEMIS DEMAM BERDARAH DENGUE (STUDI KASUS DI KELURAHAN TEMBALANG)

QAREN, DEFIKA AUFA (2012) HUBUNGAN PERILAKU PENGGUNAAN INSEKTISIDA RUMAH TANGGA DENGAN KEBERADAAN JENTIK DI DAERAH ENDEMIS DEMAM BERDARAH DENGUE (STUDI KASUS DI KELURAHAN TEMBALANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular berbahaya yang masih menjadi masalah utama di Indonesia dan sampai sekarang belum tersedia obat untuk membasmi virus dan vaksin untuk mencegah DBD. Laporan tahunan Dinas Kesehatan Kota Semarang hingga akhir tahun 2011 Kelurahan Tembalang terdapat 17 kasus dengan ABJ 86,95%Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara perilaku penggunaan insektisida rumah tangga dan keberadaan jentik pada kontainer yang terdapat di daerah endemis DBD di Kelurahan Tembalang Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah seluruh warga di kelurahan Tembalang Kota Semarang sebanyak 5.303 orang. sampel sebanyak 108 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Tehnik pengumpulan dengan wawancara dan observasi. Analisis data dengan chi square. Hasil uji statistik diketahui bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan mengenai bionomik AEDES SPP dan penggunaan insektisida dengan keberadaan jentik (p value = 0,449), tidak ada hubungan antara praktik penggunaan insektisida dengan keberadaan jentik (p value = 0,527), ada hubungan jenis kontainer dengan keberadaan jentik (p value = 0,000). dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jenis kontainer merupakan faktor risiko keberadaan jentik Aedes spp. yang dapat menimbulkan DBD. Kata Kunci: demam berdarah dengue, insektisida, kontainer, jentik

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38775
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Mar 2013 09:20
Last Modified:13 Mar 2013 09:20

Repository Staff Only: item control page